Fakultaria
Kuatkan Kompetensi Mahasiwa, Prodi Teknik Kimia UMP Mensyaratkan Sertifikasi K3
Selasa 14 November 2017      Fakultaria
Kuatkan Kompetensi Mahasiwa, Prodi Teknik Kimia UMP Mensyaratkan Sertifikasi K3

Program unggulan yang diinisasi oleh Biro Pengembangan dan Kerjasama  Universitas Muhammadiyah Purwokerto (BPK UMP) melalui unit Pusat Perencanaan dan Pengembangan (PPP) terbukti  telah menghasilkan output yang unggul. Disampaikan oleh Kepala BPK UMP Suryo Budi Santoso SE., MS.A., Ph.D., program unggulan telah dilaksanakan dua kali yakni pada tahun 2016-2017 dan 2017-2018 dengan output yang memuaskan di tahun pertama.

Keberhasilan program unggulan program studi (prodi) di UMP pada tahun 2016/2017 merupakan pencapaian yang baik bagi prodi yang mengusulkan. PPP dalam hal ini hanya menjembatani prodi untuk merealisasikan program unggulan yang difasilitasi. “Awal mula penyelenggaraan program unggulan, kami dari BPK melalui PPP menghimbau kepada masing-masing prodi untuk menginisiasi program yang outputnya untuk mendukung skill mahasiswa UMP,” pungkas  Suryo Budi Santoso SE., MS.A., Ph.D.,.

Salah satu prodi di UMP yang berhasil menyelenggarakan program unggulan yakni Prodi Teknik Kimia UMP. Suryo Budi Santoso SE., MS.A., Ph.D. ,menambahkan bahwa Prodi Teknik Kimia  dapat menjadi motivasi prodi lain di tahun 2017/2018 untuk menghasilkan output yang unggul pula. “Program unggulan tersebut berupa kegiatan sertifikasi Kesehatan dan Kelematan Kerja (K3) bagi mahasiswa Teknik Kimia dan hasilnya mahasiswa tersebut telah mendapat pekerjaan di perusahaan Industri multinasional,” tambahnya.

Kepala Prodi Teknik Kimia Haryanto PH.D., menyampaikan bahwa program unggulan sertifikasi K3 diperuntukan bagi mahasiswa prodi Teknik Kimia. Hal ini sebagai upaya prodi guna membekali kompetensi mahasiswa dengan legalitas. Pasalnya saat ini banyak perusahaan industri yang memprioritaskan sumber daya manusia (SDM) bersertifikasi K3. “Kami merealisasikan Permenristek Dikti Nomor 44 Tahun 2014 tentang pembekalan kompetensi kepada mahasiswa salah satunya dengan sertifikasi K3,” ungkap Haryanto Ph.D..

Lebih lanjut Haryanto Ph. D., mengatakan bahwa pelaksanaan program sertifikasi tersebut pihak prodi bekerja sama dengan lembaga sertifikasi K3 yang berlisensi dan diakui oleh Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemnaker RI). Oleh karena itu, mahasiswa yang telah mendapatkan sertifikasi K3 mudah memperoleh pekerjaan di bidang Industri. “Salah satu Mahasiswa kami, Yeti Rusmiayati diterima di perusahaan Industri Multinasional dengan melampirkan sertifikat K3,” ungkapnya.

Maka untuk terus menghasilkan mahasiswa yang memiliki kapasitas dan kapabilitas di bidang Industri, pada pelaksanaan program unggulan tahun 2017/2018 prodi ini juga telah mengusulkan program unggulan berupa kompetensi dibidang industri polimer. “Harapannya untuk program unggulan di tahun ini dapat memaksimalkan kompetensi mahasiswa sehingga tidak diragukan saat bekerja di industri profesional,” tutup Haryanto Ph.D. . (Sls)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini