Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Sineas Muda UMP Ikut Festival Film Nasional

Dunia perfilman makin digemari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Belum lama terselenggara video greeting contest, yang menyedot puluhan sineas muda UMP untuk berkompetisi sesama civitas akademika. Kali ini lebih menyengat, perwakilan UMP digawangi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI), Wildan Aji Saputra, turut serta dalam ajang bergengsi festival film nasional BKKBN 2016.

 

 

Menjabat sutradara sekaligus ide cerita, Wildan A.S, mengangkat film berlatar fenomena sosial yang menceritakan, tentang kesulitan sebuah keluarga memiliki banyak keturunan. Bukan tidak sayang terhadap anak-anak. Tapi, dalam film berjudul “Banyak Anak, Banyak Masalah” ini, Wildan berusaha menyampaikan pesan kepada masyarakat. Segala konskuensi yang harus diambil masyarakat yang menginginkan banyak anak.

 

“Faktor ekonomi tentu menjadi pemikiran utama. Banyak anak, tentunya akan semakin banyak kebutuhan yang harus dicukupi. Sehingga kemiskinan pun kerap menghantui keluarga yang punya anak banyak. Di sisi lain, orang tua juga harus lebih ekstra tenaga, waktu, dan pikiran untuk mendidik anak-anak. Itu semua patut diperhitungkan masak-masak,” ujar dia, kemarin (23/4) di sela pengambilan adegan.

 

Menurut Wildan, semua problematika itu, pada akhirnya berpotensi mengganggu keharmonisan keluarga. Dia mengatakan, paling parah yakni berdampak perceraian. Itu juga yang menjadi pesan bagi masyarakat. “Ya memang tidak semua keluarga bisa berdampak stragis itu. Film ini sebagai pesan kepada masayarakat. Maka dari itu, latar belakang pembuatan film ini, sebenarnya memberikan peringatan kepada keluarga yang ingin punya anak banyak. Seluruh permasalahan tadi bisa diminimalisir, asalkan orang tua siap agama, pendidikan, ekonomi, dan mental,” pungkasnya. (Gun)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239