UMP dan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI Segera Jalin Joint Research

UMP dan Kementrian Kelautan da...

Berita menggembirakan kembali diterima segenap civitas akademika Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Setelah kedatangan Menteri Susi dalam rangka memberikan pidato milad ke-52 UMP, pada pekan lalu. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI membuka tawaran kepada UMP untuk mengadakan kerjasama penelitian di bidang kelautan dan perikanan di Pangandaran.

Juara di Kopertis Wilayah VI, Mawapres UMP Lanjut Tingkat Nasional

Juara di Kopertis Wilayah VI, ...

Mahasiswa berprestasi (Mawapres) Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Ahmad Fajri berhasil menggondol juara ketiga dalam kompetisi Mawapres Kopertis Wilayah VI di Semarang pekan ini. Mengangkat Karya Ilmiah berjudul Green Mapping Engine Technology (GMET), dia berhasil menyingkirkan lawan-lawan tangguh dari puluhan perguruan tinggi lain. Atas pencapaiannya tersebut, Fajri yang masih tercatat mahasiswa Fakultas Farmasi UMP semester enam ini, berkesempatan bertarung ide kembali di level nasional.

UMP Bersiap Buka Fakultas Kelautan dan Perikanan

UMP Bersiap Buka Fakultas Kela...

Diprediksi potensi laut Indonesia mencapai enam kali lipat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Totalnya tak kurang dari Rp 7.200 triliun. Meski demikian, realita mengatakan berkah melimpah ini ternyata belum bisa membawa lebih dari 250 juta penduduk Indonesia menuju gerbang kesejahteraan. Berangakat dari sinilah, UMP berusaha turut menjaga kedaulatan maritim Indonesia. salah satunya diwujudkan melalui sinergi antara UMP dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta pengembangan program sutudi dan fakultas.

Gedung J, Rektor UMP: “Kami Terus Berupaya Sediakan Fasilitas Berkualitas”

Gedung J, Rektor UMP: “Kami Te...

Gedung J, bangunan yang baru diresmikan penggunaannya oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti pada Rabu (19/4) lalu, menjadi bukti Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus berusaha memberikan sarana dan prasarana yang memadai dan berteknologi tinggi kepada mahasiswa.

Menteri Susi: “UMP Tempat yang Nyaman untuk Belajar”

Menteri Susi: “UMP Tempat yang...

Selama sehari pada Senin (19/4), Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti kunjungi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Menteri yang terkenal dengan kebijakannya yang berani ini, datang dalam rangka menyampaikan Pidato Milad ke-52 UMP. Selain berpidato, Menteri Susi juga meresmikan penggunaan Gedung J UMP, yang sedianya gedung tersebut digunakan untuk perkuliahan Fakultas Pertanian, Psikologi, dan kantor empat lembaga.

Menteri Susi Harapkan UMP Sediakan SDM Ahli Kelautan dan Perikanan

Menteri Susi Harapkan UMP Sedi...

Pembangunan Indonesia di masa pemerintahan Jokowi saat ini menjadikan laut masa depan bangsa. Ini karena, cita-cita besar yang tengah diperjuangkan yakni menjadi negeri poros maritim dunia. Maka dari itu, seluruh elemen bangsa dipersiapkan untuk merealisasikan mimpi tersebut. Tidak terkecuali Pendidikan Tinggi (PT), sebagai lembaga yang mencetak akademisi-akademisi handal, PT diharapkan turut memberikan sumbangsih SDM melalui penelitian-penelitiannya di bidang perikanan dan kelautan.

Bangun Masyarakat Sejahtera, UMP Siap Jaga Kedaulatan Maritim Indonesia

Bangun Masyarakat Sejahtera, U...

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan laut terluas kedua di dunia, yakni mencapai 5,9 juta km2. Dengan bentangan 17.504 pulau dari Sabang hingga Merauke, yang memiliki lajur pantai hingga 95.181 km, tentulah negeri ini menyimpan kekayaan dan pesona eksotisme tersendiri.

Gedung J UMP Segera Diresmikan Menteri Susi

Gedung J UMP Segera Diresmikan...

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) tak lama lagi resmikan “Gedung J”.  Sedianya gedung perkuliahan tersebut diresmikan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti pada 19 April mendatang. Gedung J digunakan untuk Fakultas Ekonomi, Psikologi, Pertanian dan empat Lembaga UMP yakni Lembaga Pengakajian dan Pengamalan Islam (LPPI), Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), serta Lembaga  Penjaminan Mutu dan Pengembangan Aktivitas Intruksional  (LPMPAI).

Pertahankan Spirit Belajar, UMP Bangun Taman Diskusi Bernuansa Kebun Bunga

Pertahankan Spirit Belajar, UM...

Selain ruang kuliah, laboratorium, dan perpustakaan, kini Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) memiliki obyek baru sebagai sarana belajar di lingkungan kampus. Dengan latar belakang taman yang sejuk, obyek ini memiliki 3 gazebo yang menjadi daya tarik bagi mahasiswa untuk belajar di gazebo tersebut. Taman ini tidak hanya ramai ketika siang hari saja, tetapi dengan fasilitas cahaya yang terang, dan selalu tersambung jaringan Wi-Fi 24 jam, taman ini tetap dapat memanjakan mahasiswa pada malam hari. Dengan fasilitas yang ada, taman belajar yang disertai gazebo ini memiliki daya tarik mahasiswa untuk belajar kelompok, diskusi, ataupun sekedar mengusir kejenuhan.  

Kolaborasi, FT UMP dan Ponpes Zam-Zam Tingkatkan Mutu Boarding School

Kolaborasi, FT UMP dan Ponpes ...

Seiring dengan majunya pembangunan, ilmu pengetahuan dan teknologi, tak pelak pondok pesantren (ponpes/boarding school_red) wajib mengikuti perkembangan zaman. Meski demikian, ponpes yang teridentikan dengan lembaga pendidikan Islam tradisional harus mulai beralih. Pembenahan-pembenahan tersebut dimulai Sistem Informasi Manajemen yang terdiri dari sistem informasi akademik, keuangan kesiswaan. Selanjutnya, terkait dengan kelistrikan, limbah, kualitas pengajar, sarana prasarana, sistem pendidikan, metode pendidikan, dan kurikulum.

Laporan Utama

UMP Adakan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru

16 Dec 2015
UMP Adakan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Tahun Akademik 2016/2017, Universitas Muhammadiyah Purwokerto akan kembali melaksanakan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Sebagai rangkaian sosialisasi PMB TA 2016/2017, Rabu (16/12) Biro Penerimaan Mahasiswa Baru (BPMB) UMP mengadakan sosialisasi penerimaan...

BKKBN Gandeng UMP Bahas Pembangunan Kependudukan!

30 Dec 2015
BKKBN Gandeng UMP Bahas Pembangunan Kependudukan!

Purwokerto, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) gandeng Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) adakan kuliah umum bertajuk “Melalui Revolusi Mental Kita tingkatkan Pembangunan Kependudukan, Keluarga Berencana Serta Pembangunan Keluarga (KKBPK)...

CDC UMP Gelar Workshop Entrepreneurship

30 Dec 2015
CDC UMP Gelar Workshop Entrepreneurship

Purwokerto-Pengembangan jiwa entrepreneur harus dimulai sejak dini, untuk itu Career Development Center Universitas Muhammadiyah Purwokerto (CDC UMP) menggelar entrepreneurship workshop 2015, dengan mengangkat tema yang bertajuk “how to create your own...

Eratkan Silaturahmi, UMP Adakan Ramah Tamah Unsur Pimpinan

28 Jan 2016
Eratkan Silaturahmi, UMP Adakan Ramah Tamah Unsur Pimpinan

Jelang akhir masa jabatan pimpinan terkait periode 2013-2016, jajaran rektorat Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang diwakili oleh Rektor, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH, Wakil Rektor Bidang Akademik, Anjar Nugroho SAg,...

Fakultaria

Satria

Laporan Khusus

Figur

WR I UMP Terpilih Jadi Ketua Umum HW Jateng

05 Oct 2016
WR I UMP Terpilih Jadi Ketua Umum HW Jateng

Mantap, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Anjar Nugroho, SAg, MSI terpilih menjadi Ketua Umum Hizbul Wathan Jawa Tengah periode 2016-2020. Anjar yang juga pernah menjabat sebagai Wakil...

Inspiratif

Fotografi

Hikmah

Opini

Prestasi

Kemahasiswaan

Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239