Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Ratusan MABA PGSD UMP Dididik Leadership

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMPS PGSD) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan  (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berupaya mewujudkan peran serta dalam menciptakan dan mengembangkan potensi mahasiswa PGSD yang memiliki tanggung jawab moral sebagai generasi penerus bangsa. Untuk itu, Sabtu lalu, HMPS PGSD mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDKM) bagi mahasiswa baru (MABA) PGSD.

 

Tercatat 161 mahasiswa baru turut serta dalam kegiatan LDKM yang diselenggarakan selama dua hari di Audit UMP dan dilanjutkan di Lokawisata Baturraden tersebut. Pelatihan kepemimpinan ini bermaksud untuk menanamkan jiwa kepemimpinan dalam diri mahasiswa sebagai calon pendidik yang dapat diandalakan untuk masa depan.

 

Kepemimpinan seorang guru dalam pendidikan sangat berpengaruh dalam menghasilkan out put yang berprestasi, baik bidang akademik maupun non akademik. LDKM membantu mahasiswa baru untuk mengembangkan potensinya agar nantinya dapat menjadi sosok pemimpin yang baik.

 

Menurut Wakil Dekan III FKIP, Dra. Eko Sri Israhayu, M.Hum, mahasiswa nantinya bisa menjadi pemimpin yang baik dan jujur. Dia juga mengatakan pentingnya menjadi seorang guru yang berjiwa pemimpin. “Guru yang baik adalah mampu mengenal diri sendiri dan anak didiknya, terus belajar, serta dapat mentransfer ilmunya kepada anak didiknya,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Ketua panitia LDKM, Muhammad Mufid Jauzi mengatakan bahwa tujuan dari acara LDKM adalah untuk menjalin hubungan kekeluargaan anatara mahasiswa PGSD dan menumbuhkan karakter mahasiswa PGSD. Selain itu tujuan terpenting adalah untuk mengembangkan potensi kepemimpinan mahasiswa ketika terjun langsung kelapangan kerja. “Harapan saya semoga peserta dapat mengambil setiap pelatihan yang diberikan. Tentu hal tersebut dapat menjadi modal berharga di dunia pendidik,” katanya. (Zyn)

 

Editor  : Guntur Wibowo

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239