Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

HIMA PKn, Aktualisasikan Nilai Pancasila

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (HIMA PKn UMP) gelar seminar nasional yang mengangkat tema bertajuk "Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara", Sabtu,(2/4). Seminar nasional ini merupakan agenda tahunan yang rutin diselenggarakan oleh HMPS PKn. Bertempat di aula teknik UMP, acara ini diikuti oleh 180 mahasiswa dari berbagai universitas, diantaranya UNS, UPI, UPY, UNY, PGRI Kediri, UMS dan UMY serta dihadiri oleh jajaran civitas akademika UMP. Dalam acara ini mendatangkan 3 narasumber, yaitu Prof.Dr. Karim Suryadi, MSi. (dosen Universitas Pendidikan Indonesia), Prof.Dr. Tukiran Taniredja, MM (dosen PPKn UMP) dan Dr. Syamsuri, MAg (dosen UNY).

 

 

Ketua Panitia Duanda Caesar S mengungkapkan bahwa di era globalisasi banyak dampak yang ditimbulkan, salah satunya adalah kebebasan masuknya budaya asing yang berpengaruh terhadap karakter dan jiwa nasionalisme generasi penerus bangsa. Untuk itu, mahasiswa wajib membekali diri dengan pendidikan karakter kenegaraan agar Indonesia tetap melahirkan generasi penerus bangsa yang inovatif, krektif dan berkarakter.

 

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Drs. Joko Purwanto MSi mengapresiasi dilaksanakannya seminar tersebut.“UMP senantiasa mendukung berbagai kegiatan kemahasiswaan yang membangun atmosfer akademik berkualitas,”ungkapnya. lebih lanjut, Joko menambahkan bahwa pendidikan kebangsaan dan penanaman karakter kebangsaan yang tidak hanya memberi pengetahuan kognitif, namun juga afektif dan psikomotorik.

 

 

 

Pembicara pertama, Prof.Dr. Tukiran Taniredja, MM menyampaikan topik yang berjudul pengamalan pancasila dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Pembicara kedua Prof.Dr. Karim Suryadi, MSi menyampaikan topik yang berjudulAktualisasi Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari. Pembicara ketiga Dr. Syamsuri, Mag menyampaikan topik yang berjudul Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Objektivikasi pendidikan Kewarganegaraan.(Ziz)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239