Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Inspiratif

Dr. Nunuk Aries Nurulita, MSi., Apt : Fokus Temukan Senyawa Antikanker Berbahan Alam

“Sel kanker unik dan kompleks. Ini menggugah saya untuk menelitinya,“ kata Dr. Nunuk Aries Nurulita, MSc, Pharm. Dia dosen sekaligus juga mantab Dekan Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Alumni S1 Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mulai meneliti sel kanker sejak tahun 2002. Itu dilanjutkannya ketika mengambil Program Pasca Sarjana di Fakultas Farmasi UGM. Penelitian sel kanker semakin dimantapkan Nunuk ketika dia menyelesaikan disertasi program doktoral di kampus yang sama.

 

Read more: Dr. Nunuk Aries Nurulita, MSi., Apt : Fokus Temukan Senyawa Antikanker Berbahan Alam

Condro, Kandidat Doktoral Pertama Fakultas Sastra

Fakultas sastra merupakan salah satu fakultas yang masih terbilang muda di lingkungan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Namun demikian, fakultas sastra telah mengalami berbagai kemajuan yang sangat pesat dan saat ini menjadi menjadi salah satu fakultas yang banyak diminati oleh calon mahasiswa. Merespon hal ini, fakultas sastra UMP senantiasa terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas para pengajarnya, salah satunya adalah dengan mengirim dosen untuk melanjutkan studi di luar negeri.

 

 

Read more: Condro, Kandidat Doktoral Pertama Fakultas Sastra

Dosen UMP Kembangkan Pengelolaan OPT Ramah Lingkungan

Dr. Ir. Gayuh Prasetyo Budi, MP, Dosen Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) ini adalah salah satu penggiat cara pengelolaan organisme pengganggu tanaman (opt) secara ramah lingkungan. Ketertarikannya terhadap masalah opt ini sudah muncul ketika ia menempuh pendidikan S1 di Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman, dan semakin diperkuat ketika meneruskan S2 Ilmu Tanaman dan S3 Ilmu Pertanian/Bidang Kajian Gulma dari Universitas Padjadjaran. Beberapa penelitiannya berkaitan dengan gangguan opt pada tanaman pangan seperti penyakit blast pada padi dan nematoda sista kuning di kentang. Gayuh miris melihat kondisi pangan di Indonesia. Negeri yang subur akan sumber daya alam dan manusia ini seharusnya tidak ada problematika kekurangan pangan. Namun kenyataannya fenomena kekurangan bahan pangan beras di Indonesia masih terjadi.

 

Read more: Dosen UMP Kembangkan Pengelolaan OPT Ramah Lingkungan

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239