Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Hikmah

Mengenali yang (Seharusnya) Terkasih

Manusia sudah sedemikian banyaknya mempelajari hal di seputar kehidupan, baik yang berkaitan dengan dirinya dan yang di luar dirinya. Manusia akan berusaha mengenali diri sendiri agar tepat dalam mengarahkan hidup. Tak berhenti untuk terus memahami karakter anak agar tepat dalam mengupayakan perkembangannya. Mengenali teman duduk dan rekan kerja agar dapat berpadu dan tak melukai hati. Bahkan mengenali lawan atau musuh, yang tidak sekedar memahami kelemahan untuk mengalahkannya, melainkan agar tetap sanggup bersikap arif memakluminya. Tidak berhenti pada titik itu, manusia memang akan terus penasaran pada objek yang belum dikenalinya. Termasuk pada sosok berikut ini, dan keingintahuan itu akan semakin menjadi ketika mulai hadir dorongan cinta.

Read more: Mengenali yang (Seharusnya) Terkasih

BAZ/LAZ Versus Rentenir

esungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat (amil)para mu'allaf, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah (fi sabilillah) dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana”.(QS. at-Taubah : 60)

 

Read more: BAZ/LAZ Versus Rentenir

Berkemaslah, Bawa yang Penting-Penting Saja

“Pikirlah dengan matang, sebentar lagi keretaku menjemputmu. kalau sudah ada ketetapan hati, berkemaslah, bawa yang penting-penting saja”. Kalimat itulah yang 14 tahun yang lalu ditulis oleh seorang pria ketika mengajak menikah kepada seorang wanita. Sebuah pernikahan akhirnya menyatukan dua insan meskipun kadang masih berbeda pula dalam pola pikir, telah mendekatkan dua keluarga meskipun kadang masih berbeda pula dalam budaya, yang jelas selalu membutuhkan usaha, perjuangan dan kesabaran yang lebih besar ketika sebuah bahtera telah mengarungi lautan, ketika layar telah terkembang melintasi samudra kehidupan dengan harapan membawa label rumahtangga sakinah mawaddah wa rahmah.



 

Read more: Berkemaslah, Bawa yang Penting-Penting Saja

Engkaulah (Allah) Sumber Kekuatan

Iman, islam dan ihsan, taqwa, tawakal dan ikhlas semuanya merupakan istilah-istilah yang menunjukkan berbagai kualitas pribadi seseorang yang beriman kepada Allah. Kualitas-kualitas tersebut membentuk simpul-simpul keagamaan yang mencirikan pribadi seseorang. Sebab semuanya terletak pada inti kedirian seseorang dan berpangkal pada bathin dalam lubuk hatinya. Keagamaan, dalam makna intinya disebut sebagai kepatuhan (din) yang total kepada Tuhannya, yang menuntut sikap pasrah yang total pula, sehingga tidak ada kepatuhan (din) yang sejati tanpa sikap pasrah (Islam). Inilah sesungguhnya makna firman Allah dalam QS Ali Imran ayat 19: “Inna ad din ‘ind Allah al Islam (baca: Innaddina ‘inda llaahil Islam” diterjemahkan dengan mengikuti makna asal menjadi“Sesungguhnya kepatuhan bagi (terhadap) Allah ialah sikap pasrah kepada-Nya”. Muh Asad menerjemahkan: “Behold, the only (true) religion in the sight of God is (man’s) self-surrender un to Him”. Sedangkan A Yusuf Ali menerjemahkan: “The Religion before God is Islam (submission to His Will)”.

 

Read more: Engkaulah (Allah) Sumber Kekuatan

BERNIAGA DENGAN ALLAH

Suatu hari, usai mendengarkan nasihat-nasihat yang disampaikan Rasulullah Shalallahu’alaihi wasallam kepada para sahabatnya di Masjid Nabawi Madinah, maka pulanglah Ali bin Abi Thalib ke rumahnya. Sesampai di rumahnya, ia menemui isterinya, Fatimah, putri Rasulullah Shalallahu’alaihi wasallam yang sedang duduk memintal benang.

“Wahai perempuan yang mulia. Adakah sesuatu makanan yang dapat dimakan oleh suamimu ini?” Tanya Ali. Fatimah pun menjawab, “Demi Allah, aku tidak mempunyai sesuatupun. Tetapi aku punya uang enam dirham yang akan kugunakan untuk membeli makanan buat Hasan dan Husein.”

“Tolong, berikanlah uang itu kepadaku.” ujar Ali.

 

Read more: BERNIAGA DENGAN ALLAH

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239