Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Hidupkan Sunnah Nabi, Karyawan dan Dosen UMP Berbondong-bondong I'tikaf

 

Untuk menghidupkan suasana kampus yang kental dengan nuansa keislaman selama Ramadhan, banyak sekali kegiatan yang dilakukkan oleh mahasiswa maupun dosen dan karyawan UMP. Kebanyakan dari kegiatan tersebut berpusat di Masjid K.H Ahmad Dahlan. kali ini Masjid tersebut penuh dengan dosen dan karyawan yang berbondong-bondong melaksanakan i'tikaf. I'tikaf artinya berhenti (diam) di dalam masjid dengan syarat-syarat tertentu, semata-mata dengan niat beribadah kepada Allah. I'tikaf sunnah dilakukan setiap waktu, tetapi yang paling utama (afdhal) jika dilakukan dalam bulan Ramadhan.

Kegiatan i'tikaf ini dilaksanakan pada tanggal dari 10-19 Juni 2017. Satu sesi i'tikaf dilaksanakan selama 4hari 3 malam. Kegiatan i'tikaf di UMP telah terjadwal dan terencana sebelumnya sehingga kegiatan terorganisir lebih baik. Adapun contoh kegiatan yang dilaksanakan yaitu seperti sahur bersama, pengajian, tadarus makna, sholat fardhu berjamaah, dzikir, tadarus mandiri serta Tarkizul i'tikaf (ber-tawajjuh kepada Allah dengan melakukan Shalat, dzikir, munajat, atau tadarus Al-Qur'an secara mandiri.

Ada banyak materi yang sangat bermanfaat yang diangkat dalam acara i'tikaf ini. Pembicara yang dihadirkan juga bukan hanya dari kalangan ustadz di UMP namun juga dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyumas. Salah satu contoh materi yang sangat bermanfaat adalah materi 'Akhlak dalam Kehidupan Keluarga' oleh Drs. H Ahmad Kifni. Dengan adanya materi ini diharapkan keluarga dosen dan karyawan senantiasa menjadi keluarga yang lebih sakinah mawaddah warohmah agar dapat menjadi contoh keluarga Islami bagi lingkungannya.

Selain materi diatas, ada juga sesi yang tidak kalah menarik yaitu teori dan praktik Ruqyah Syar'iyah oleh Tim Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI). Materi ini dirasa sangat bermanfaat karena setelah Ruqyah tingkat keimanan akan meningkat dan hal-hal yang kurang baik dalam diri dapat dikurangi.

Setelah sukses dengan sesi itikaf di dalam kampus, UMP juga mengirimkan puluhan  pembicara untuk mengisi ceramah serupa di 12 Masjid di wilayah Banyumas. Hal ini dimaksudkan untuk semakin meluasnya ilmu yang bermanfaat bukan hanya di dalam kampus tetapi juga sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Acara ini sudah dilakukan setiap tahunnya, hanya saja pada tahun lalu hanya ada 4 Masjid dan sekarang meningkat menjadi 12.

Harapan untuk i'tikaf tahun mendatang, dosen dan karyawan dapat menjadi pioneer untuk melaksanakan i'tikaf di daerahnya masing-masing. Sehingga kebiasaan baik yang telah lama diterapkan di UMP dapat menjadi panutan bagi masyarakat luas.

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239