Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Dramaturgi 2017, PBSI Tampilkan Drama Kolosal

Aplikasikan teori di kelas, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (PBSI FKIP UMP) akan gelar pementasan teater pada 13 – 15 Juni ini. Ada yang baru dalam pementasan Dramaturgi 2017, pementasan yang terdiri dari tiga kelompok mengangkat naskah berbeda, dengan bertemakan Kolosal.

 

Tidak tanggung-tanggung tiga naskah penulis sekaliber Aryaguna (Balada Orang-Orang Terusir), Emha Ainun Najib (Lautan Jilbab), dan Ahmad Tohari (Sang Bedaya) diangkat dalam pementasan yang menyedot 130 pemeran. Mereka pun akan dihadirkan untuk memberikan evaluasi pada pementasan Dramaturgi tersebut.

 

“Tahun ini akan ada banyak hal baru dalam pementasan Dramaturgi. Pokoknya akan lebih spektakuler. Aryaguna, Emha Ainun Najib, dan Ahmad Tohari akan hadir juga. Wajib nonton, nyesel kalau sampai terlewat,” ungkap dosen pengampu mata kuliah tersebut, Sony Asmoro S.Pd, Sabtu (3/6).

 

Lebih lanjut, Sony Asmoro, menjelaskan, dramaturgi membahas penciptaan teater mulai dari penulisan naskah hingga pementasannya. Sony berharap, sebanyak 130 mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini akan dapat lebih mengembangkan keterampilannya di bidang kesenian, khususnya dunia teatrikal. 

 

Perwakilan Tim Produksi Dramaturgi, Wildan Aji Saputra mengatakan, pementasan tersebut mengangkat tema Kolosal, menurutnya dalam satu pementasan naskah akan ada sekira 40 pemain. Pemilihan tema tersebut, tutur dia, memberikan tantangan tersendiri bagi para pemain, karena sejak pementasan Dramaturgi sebanyak 34 kali, ini baru pertama yang bertemakan demikian, “Meski baru pertama kali, kami optimis dapat memberikan tontonan menarik,” tandasnya. (gun)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239