Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Dorong Ekonomi Indonesia, UMP Kaji Human Capital

Kompetensi sumber daya manusia atau human capital dan kewirausahaan, menjadi poin penting dalam pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Membaca strategisnya kedua peran tersebut, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menyelenggarakan kuliah umum dengan mengangkat tema “Memenangkan Persaingan Bisnis Global Dengan Berbasis Human Capital Terkini” di Aula AK Anshori, UMP, baru baru ini.

 

 

Indonesia memiliki modal besar di sektor sumber daya manusia (SDM), dan kemudian bagaimana dengan sumber daya manusia yang besar itu bisa mengelola dengan baik sumber daya alamnya, sangatlah penting. Karena itu, fakultas ekonomi dan bisnis UMP mengundang pakar-pakar ekonomi dari Malaysia seperti Dr. Ahmad Zainal Abidin Bin Abdul Razak dan Dr. Noor Syamsinar Samsudin. Kedua pembicara tersebut merupakan dosen fakultas ekonomi dari Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia.

 

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP, Akhmad Darmawan menjelaskan, sebagai perguruan tinggi yang mengembangkan kurikulum kewirausahaan dari semester satu sampai enam, menyadari modal manusia menjadi sangatlah penting, "Dimana sumber daya alam yang ada di Indonesia harus dikelola oleh SDM yang betul-betul berkualitas," terangnya di sela-sela kegiatan kuliah umum.

 

Untuk itu, lanjut dia, UMP ingin mempersiapkan lulusan yang dapat membuka lapangan pekerjaan bukan sebaliknya, “Kita ingin alumni kita itu tidak hanya sebagai pencari kerja tetapi mereka juga siap untuk menyediakan lapangan pekerjaan. Nah ini terbukti bahwa di fakultas ekonomi dan bisnis masa tunggu alumni itu kurang dari tiga bulan. Ini membuktikan bahwa kurikulum kewirausahaan yang ada itu cukup baik, mahasiswa cukup merespon luar biasa dan didukung tentunya oleh seluruh civitas akademika dan tidak kalah pentingnya didukung oleh orang tua,” pungkas Akhmad Darmawan.

 

Menurut Dia,  di dalam kegiatan mata kuliah kewirausahaan, para mahasiswa harus berinvestasi dan mengembangkan dana yang di investasikan itu harus kembali serta memperoleh keuntungan atau profit yang baik. "Sehingga saat di semester enam, para mahasiswa sudah siap untuk berwirausaha," ujar Akhmad Darmawan.

 

Dan hal itu tidak hanya untuk wirausaha sendiri tetapi ketika bekerja pun, lanjutnya, mereka sudah memiliki kemampuan inovatif dan kreativitas yang baik, "Karena sudah diajarkan bagaimana bertahan hidup, belajar membuat sistem yang baik, pekerja keras, dan memiliki percaya diri yang sudah tertanam di masing-masing diri mahasiswa dalam menghadapi permasalahan di dunia kerjanya," pungkasnya. (gun)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239