Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Mahasiswa Asing dari 15 Negara Ikuti Summer Camp di UMP

Sebanyak 26 mahasiswa dari 15 negara mengikuti kegiatan Summer Camp 2017 di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), selama tiga hari. Kegiatan yang bertema ”Learn, Share, Care”, diharapakan nantinya menyatukan dan bisa berbagi pengetahuan serta kebudayaan antar bangsa.

 

 

Wakil Rektor bidang pengembangan dan kerjasama UMP, Dr. Ns. Jebul Suroso, S. Kep., M. Kep mengatakan, kegiatan Summer Camp 2017 yang bertemakan Learn, Share dan Care merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan oleh UMP bertujuan untuk memberikan informasi mengenai Indonesia yang seutuhnya kepada para mahasiswa asing tersebut.

 

"Jadi di sini kami mengedepankan ada aspek pembelajaran, kemudian kita juga berbagi dengan mereka tentang pengetahuan dan budaya, dan juga bagaimana kita peduli dengan mereka", ungkapnya seusai membuka Summer Camp 2017 di UMP, Kamis (18/5).

 

Summer Camp 2017 tersebut digelar 18-20 Mei dan diikuti 26 mahasiswa asing yang sedang belajar di Indonesia. Mereka berasal dari 15 negara, yaitu Tajikistan, Turkmenistan, Filipina, Kamboja, Thailand, India, China, Korea Selatan, Perancis, Timor Leste, Afganistan, Pakistan, Ekuador, Ukraina, dan Belize.

 

“Harapan kami, mereka jadi duta dari Indonesia. Mereka bisa menyampaikan ke publik universal bahwa Indonesia itu aman, damai, tenang, tenteram, dan bahagia. Meskipun ada konflik di kanan-kiri, kehidupan masyarakat masih berjalan baik,” kata Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UMP, Santhy Hawanti, Ph. D.

 

Santhy mengatakan, Summer Camp 2017 ini juga diharapkan menjadi sarana untuk mengenal Kampus UMP yang meski berbasis Islam, terbuka terhadap pembaruan sekaligus mengenalkan Islam yang mencintai kebersamaan dan perbedaan, “Kami mencintai kebersamaan, mencintai perbedaan tapi tetap menghargai satu sama lain. Bolehlah berbeda. Tapi mari, ada banyak hal yang bisa menyatukan kita,” papar Santhy.

Sementara itu, Koordinator acara Summer Camp 2017, Novy Haryanti, M.Pd menyampaikan kegiatan dikemas dalam bentuk perlombaan, seperti menghias makanan serta cerdas cermat tentang Indonesia. Ada pula kunjungan industri ke tempat pembuatan makanan khas setempat. Dan ada kerja bakti bersama warga desa Kemutug.

 

Menurut salah satu peserta Summer Camp asal Belize, Briheda Haylock mengungkapkan ingin sekali mempelajari banyak tentang indonesia dan budaya nya, mahasiswa asal belize yang menempuh pendidikan di Universitas Telkom Bandung ini menuturkan “This event give me opportunity to learn about indonesia and i want to know more about Indonesia, i choose Indonesia because my friend told me about indonesia was really excited, so i choose here”, ungkapnya. (nrl/gun)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239