Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Ketua PP Muhammadiyah : “Muhammadiyah Dorong Pemerintah Tingkatkan Hidup Layak Masyarakat Tak Mampu”

Menurut data statistik, masyarakat muslim menjadi penduduk masyoritas di Indonesia. Di lain pihak, orang Islam merupakan angka minoritas dalam kemampuan ekonomi di Indonesia. Ini yang menjadi salah satu penekanan tugas Muhammadiyah sebagai salah satu persyarikatan Islam terbesar di dunia. Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah merekomendasikan sejumlah kebijakan kepada pemerintah untuk mengurangi kesenjangan ekonomi tersebut.

 

 

Ketua PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Yunahar Ilyas, LC, M.A, mengatakan, warga muslim mendominasi di Indonesia, jumlahnya mencapai 88 % dari keseluruhan jumlah total penduduk Indonesia, tapi kata Yunahar sangat disayangkan angka ini hanya dapat memiliki 2% saja aset negeri ini.

 

“Kita harus merubah kondisi ini. Maka dari itu perlu ada peran dari berbagai pihak. Kami dari PP telah merekomendasikan sejumlah opsi kebijakan, salah satunya dengan memberikan kesempatan masyarkat kecil mendapatkan modal usaha dari pemerintah. Bentuknya pinjaman tapi sistemnya syariah, bukan model bunga, karena PP sudah mengharamkan bunga. Pemerintah menyanggupi segera menggelontorkan dana 20 – 30 triliun untuk kredit usaha ringan,” papar dia, pada pengajian akbar di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Sabtu (15/5).

 

Lebih lanjut, menurut Yunahar, peran perguruan tinggi juga sangat penting dalam meningkatkan peran muslim untuk berpengaruh dalam penggunaan mayoritas aset bangsa, “Dalam konsep pembelajaran perguruan tinggi, jangan hanya menciptakan lulusan sebagai pegawai saja, tapi juga melahirkan pengusaha-pengusaha. Maka dari itu, kami harap UMP turut andil dalam mensukseskan hal ini,” pungkas Yunahar. (gun)

 

Editor  : Guntur Wibowo

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239