Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

PGSD UMP GERAKAN AKSI NYATA BUDAYA LITERASI INDONESIA MELALUI PPDN 2017

Dalam rangka meningkatkan budaya literasi anak bangsa, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) adakan Pagelaran Peserta Didik Nasional (PPDN) 2017, belum lama ini. Pada kegiatan yang terisi Perlombaan LKTI dan Media Pembelajaran ini, UMP mengundang seluruh mahasiswa PGSD se-Indonesia.

 

 

Menurut Ketua Panitia, Akhmad Nurul Faozi kegiatan Nasional yang bertema “Kolaborasi Aksi Nyata dan Peran Pendidikan Untuk Menumbuhkembangkan Budaya Literasi di Indonesia” diikuti 103 mahasiswa perwakilan dari Perguruan Tinggi yang tersebar se Indonesia.

 

“Kegiatan PPDN ini merupakan tahun ketiga penyelanggaraannya dan kali ini Universitas Muhammadiyah Purwokerto dipercayai sebagai tuan rumah. Harapannya kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang perlombaan, tetapi juga harus memiliki dampak positif terkait budaya literasi di Indonesia” kata dia.

 

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, peserta juga melakukan diskusi Pendidikan dengan tema “Apa Kabar Pendidikan di Indonesia saat Ini?”. Dilanjut dengan Seminar Nasional dengan tema “Membangun Literasi di Sekolah Dasar Menuju Indonesia 2045”. Pada hari terakhir, peserta melakukan kegiatan  PPDN Goes To School, PPDN visit Banyumas,  dan ditutup dengan Malam Puncak.

 

Wakil Rektor II Bidang Administrasi UMP, Drs. Joko Purwanto, M.Si menyampaikan jika mahasiswa harus memiliki jiwa berpikir kritis yang tidak sekedar mengkritisi terkait dengan kebutuhan pribadi, tetapi terkait pula pada masalah kerjasama, karena hal ini begitu diperlukan dalam bermasyarakat. Mahasiswa juga perlu melakukan karakter yang terbentu dari pembiasaan. Sebagai kampus yang Islami, maka karakter yang perlu ditanamkan adalah agar menjadi Islam yang Kaffah.

 

“Untuk membuat karakter tentunya harus didasari dengan pembiasaan, sebagai institusi yang Islami maka harapannya nanti mahasiswa dapat berkarakter Islam yang Kaffah. Selain itu mahasiswa juga harus dapat dipercaya oleh semua golongan. Agar mahasiswa dapat dipercaya, maka kejujuran perlu ditanam sejak saat ini”, kata Joko.

 

 Selanjutnya, Bupati Banyumas yang diwakilkan oleh Takdir Widagdo, SH.MSi mengucapkan selamat datang di Kabupaten Banyumas, selamat berkegiatan, dan semoga dapat menumbuhkan budaya literasi di Indonesia, untuk Indonesia yang lebih baik.

 

“LIterasi siswa khusunya siswa SD masih sangat rendah, dan semoga dengan berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan ini dapat memiliki pengaruh besar untuk menumbuhkembangkan budaya literasi di Indonesia” pungkasnya.(rsp)

 

Editor : Guntur Wibowo

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239