Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

UMP Bersiap Buka Fakultas Kelautan dan Perikanan

Diprediksi potensi laut Indonesia mencapai enam kali lipat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Totalnya tak kurang dari Rp 7.200 triliun. Meski demikian, realita mengatakan berkah melimpah ini ternyata belum bisa membawa lebih dari 250 juta penduduk Indonesia menuju gerbang kesejahteraan. Berangakat dari sinilah, UMP berusaha turut menjaga kedaulatan maritim Indonesia. salah satunya diwujudkan melalui sinergi antara UMP dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta pengembangan program sutudi dan fakultas.

 

 

 

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UMP, Anjar Nugroho S.Ag., M.Si., MHI mengatakan pihaknya berencana melakukan pembangunan fakultas baru yang dimulai dengan pendirian Prodi Budidaya Perairan dan Sumber Daya Aquatik. Keberanian UMP untuk membuka fakultas tersebut, kata Anjar, lantaran sektor kemaritiman Indonesia saat ini kembali bergeliat di bawah kepemimpinan Menteri Susi.

 

“Kami akan bentuk tim untuk mengawal pembangunan fakultas baru ini. mudah-mudahan satu sampai dua tahun ini bisa direalisasikan. Untuk SDM Pengajar kami sudah ada, karena dulu pernah ada Prodi Perikanan dan Kelautan di UMP. Kami optimis, kondisi kemaritiman saat ini sedang bagus-bagusnya sehingga perlu disambut. Apalagi tadi Bu Susi menyampaikan akan mendukung penuh rencana ini. Beliau juga dikatakan akan memberikan lahan di Pangandaran untuk pendiriannya,” ungkap dia, sesaat setelah berdisukusi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, Rabu (21/4) lalu.

 

Sementara itu, Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, DYP Sugiharto menyampaikan mengenai masih sedikitnya Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah yang mengembangkan prodi di bidang kelautan. Disampaikan bahwa dari 251 PTS di Jateng, hanya ada enam PTS yang membuka jurusan di bidang kelautan atau pelayaran.

 

“Jumlah itu masih belum berimbang dengan besarnya potensi sektor maritim yang dimiliki Indonesia. Padahal alumnus jurusan kelautan paling banyak terserap di dunia kerja. Semakin banyak yang buka prodi di bidang itu semakin bagus,” tandasnya. (gun)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239