Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Menteri Susi Harapkan UMP Sediakan SDM Ahli Kelautan dan Perikanan

Menteri Susi berpidato di Milad ke-52 UMP, kemarin (19/4)Pembangunan Indonesia di masa pemerintahan Jokowi saat ini menjadikan laut masa depan bangsa. Ini karena, cita-cita besar yang tengah diperjuangkan yakni menjadi negeri poros maritim dunia. Maka dari itu, seluruh elemen bangsa dipersiapkan untuk merealisasikan mimpi tersebut. Tidak terkecuali Pendidikan Tinggi (PT), sebagai lembaga yang mencetak akademisi-akademisi handal, PT diharapkan turut memberikan sumbangsih SDM melalui penelitian-penelitiannya di bidang perikanan dan kelautan.

 

 

Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), di bawah kepemimpinan Susi Pudjiastuti tengah berupaya keras mendorong PT agar turut dalam tugas mulia ini. Hal tersebut juga disampaikan Menteri Susi saat kedatangannya ke Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dalam agenda Rapat Senat Terbuka Pidato Milad ke-52 UMP, kemarin (19/4). Dengan pidato bertemakan “Peranan Perguruan Tinggi Dalam Menjaga Kedaulatan Maritim Untuk Indonesia yang Sejahtera”, Menteri nyentrik ini mengajak turut menyediakan pakar-pakar bidang kelautan dan perikanan.

 

“Saya harapkan perguruan tinggi dapat memprioritaskan pendidikan kelautan dan perikanan. PT diarahkan untuk menyediakan akademisinya berperan dalam menjaga kekayaan laut Indonesia. UMP dalam hal ini sangat berpotensi melakukan hal ini,” ungkap Susi.

 

Oleh karenanya, demi merangkul ahli-ahli kelautan dan perikanan, Menteri Susi berkampanye di kampus-kampus. Jadi kata Menteri Susi, bukan sekedar membangun ekonomi, tapi harus ada visi yang jelas den berkelanjutan, “Ini kewajiban saya sebagai pejabat negara yang mana diperintahkan Pak Presiden juga untuk mengkampanyekan, memasyarakatkan, mensosialisasikan kebijakan pemerintah dan apa yang telah pemerintah lakukan selama dua setengah tahun," tutur Susi.

 

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UMP, Anjar Nugroho,  S.Ag., M.Si., MHI, mengatakan, peran perguruan tinggi dalam menjaga kedaulatan maritim yakni dengan menciptakan sumber daya manusia di bidang kelautan dan perikanan.

 

 

"Kami menyediakan SDM, dan di situ fokusnya kepada penyediaan SDM. Kami ingin menciptakan SDM-SDM di bidang kemaritiman, kelautan, perikanan yang dibutuhkan untuk pembangunan bangsa”, ungkap Anjar. (gun)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239