Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Kolaborasi, FT UMP dan Ponpes Zam-Zam Tingkatkan Mutu Boarding School

Seiring dengan majunya pembangunan, ilmu pengetahuan dan teknologi, tak pelak pondok pesantren (ponpes/boarding school_red) wajib mengikuti perkembangan zaman. Meski demikian, ponpes yang teridentikan dengan lembaga pendidikan Islam tradisional harus mulai beralih. Pembenahan-pembenahan tersebut dimulai Sistem Informasi Manajemen yang terdiri dari sistem informasi akademik, keuangan kesiswaan. Selanjutnya, terkait dengan kelistrikan, limbah, kualitas pengajar, sarana prasarana, sistem pendidikan, metode pendidikan, dan kurikulum.

 

 

Membaca situasi tersebut, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang bernafaskan pergerakan Islam, yang terbagi dalam lini dakwah melaui agama, pendidikan, kesehatan, dan sosial-ekonomi berusaha menjadi bagian dalam perkembangan ponpes di Indonesia. Maka dari itu, UMP memberikan stimulus kepada ponpes Zam-Zam Banyumas yang tengah berkembang, melalui nota kesepahaman antara Fakultas Teknik (FT) UMP dengan Ponpes tersebut. Selanjutnya dalam jangka dekat, akan dijalankan sejumlah kerjasama.

 

“Masih banyak sekali permasalahan-permasalahan di bidang teknik yang perlu segera diatasi seperti Sistem Informasi Manajemen yang terdiri dari sistem informasi akademik, keuangan maupun masalah kesiswaan. Masalah kelistrikan dan limbah juga harus diperhatikan mengingat jumlah santri yang ada di pondok pesantren mencapai ratusan bahkan ribuan,” ungkap Dekan Fakultas Teknik UMP, M.Taufiq Tamam, akhir pekan lalu (7/4).

 

Tak hanya dari aspek limbah dan sistem IT, perancangan bangunan ponpes juga harus melalui perencanaan matang. Ini karena, kata dia, ponpes menampung jumlah santri banyak. Maka dari itu, menurutnya, tingkat keamanan berspesifikasi tinggi wajib tersedia. “Saya harap MoU ini menjadi Payung Hukum yang jelas tak hanya untuk Fakultas Teknik UMP saja, tetapi bagi fakultas-fakultas lain yang ingin berkontribusi bagi kemajuan pondok pesantren seperti Fakultas Psikologi dalam hal penanganan psikologis para santri maupun Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMP dalam hal pendidikan dan akademiknya,” pungkasnya. (Afif*)

 

Editor  : Guntur Wibowo

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239