Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

KKN UMP Utamakan Pemberdayaan Cabang dan Ranting Muhammadiyah

Senin (5/4) lalu, LPPM mengundang pimpinan PDM guna adakan koordinasi Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Purwokerto (KKN UMP), yang rencananya kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada pertengahan tahun ini. Acara yang dilaksanakan di Ruang Sidang ini bertujuan untuk melakukan koordinasi dalam pelaksanaan KKN UMP yang memiliki sedikit perbedaan tema, yang mana pada KKN kali ini mengutamakan pada pemberdayaan cabang dan ranting Muhammadiyah.

 

Ketua LPPM Dr. Suwarno, M.Si mengungkapkan dalam sambutannya, UMP akan mengadakan tiga KKN berbeda, yaitu KKN reguler yang dilaksanakan di tujuh Kabupaten eks Karesidenan Banyumas, dan eks Karesidenan Pekalongan, KKN Nasional Muhammadiyah untuk Negeri di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan serta KKN internasional di Malaysia.

 

“KKN kali ini akan berbeda dari KKN sebelumnya karena akan lebih mengutamakan kepada pemberdayaan cabang dan ranting Muhammadiyah, selain itu KKN UMP mengadakan 3 bidang KKN berbeda.Harapan dari kami nantinya dalam satu cabang memiliki sekolah yang lengkap dari tingkat PAUD hingga SMA/sederajat,” ungkap Suwarno.

 

Lebih lanjut, Suwarno menjelaskan, KKN merupakan program di bawah arahan LPPM yang wajib dijalankan serentak semua fakultas. Menurutnya, KKN kali ini juga bertujuan untuk mengatasi dan menjawab keluhan-keluhan lembaga pendidikan. Harapannya, wilayah cabang maupun ranting akan mengalami kemajuan setelah ditinggal KKN mahasiswa UMP.

 

Pada kesempatan sama, Wakil Ketua I Badan Pembina Harian (BPH) UMP, Drs. Ahmad Kifni mengharapkan, nantinya mahasiswa UMP dapat bermasyarakat  dengan baik dan menjadi kader Muhammadiyah, “KKN tahun ini merupakan KKN terpadu, karena seluruh fakultas menjadi satu kelompok, atau tidak terpisah, dengan harapan dapat memajukan sekolah atau madrasah. Selain itu, juga berupaya untuk mampu menghadapi tujuh tantangan Muhammadiyah. Diantaranya adalah mengoptimalkan gerakan dakwah Muhammadiyah agar masyarakat yang ditempati KKN dapat memahami Al Islam dan Kemuhammadiyahan, dan juga menjadi kader-kader Muhammadiyah,” papar Kifni. (rsp)

 

Editor  : Guntur Wibowo

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239