Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Seminar Nasional IMM FAI Baper-kan Peserta

“Cowok Caper, Cewek Baper” buku karya Ustadz Burhan Sodiq ini, disampaikan pada Seminar Nasional IMM FAI bertempat di gedung A.K Anshori Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Bertemakan Fiqh Cinta, seminar ini mampu menarik perhatian peserta, yang sebagian besar pesertanya adalah perempuan.

 

 

Seperti diketahui istilah baper merupakan kependekan dari “bawa perasaan” yang diasumsikan kepada perilaku perempuan dalam merespon perilaku lawan jenis yang berlebihan kepada dirinya. Sikap berlebihan ini biasa disebut dengan cari perhatian atau dipendekkan menjadi “caper”, yang pasti kedua perilaku ini terjadi pada kehidupan remaja belakangan ini.

 

Sejak dimulainya seminar yang disampaikan oleh Ustadz Burhan Sodiq, ratusan peserta menyimak dengan santai, nyaman, dan tak jarang tertawa lepas. Mereka dipaparkan tentang berbagai hubungan kalangan pemuda hingga munculnya istilah caper dan baper. Awal dari munculnya sikap caper dan baper adalah sikap yang tidak wajar, dan sikap berlebihan yang diberikan laki-laki kepada perempuan. Kedua, sikap kepribadian dari perempuannya sendiri. Mereka yang jarang mendapatkan perhatian personal, merasa aneh dan kemudian terbawa perasaan. Padahal dalam Islam, pergaulan lawan jenis diatur dengan cukup ketat.

 

Untuk menyikapi hal tersebut, perlunya manajemen diri dalam menyikapi setiap masalah, dan yang paling utama jangan lepas dari syariat Islam, “Saya pikir masih ada banyak faktor yang membuat perilaku itu muncul. Tetapi yang utama adalah, bawalah hatimu pada jalan yang benar. Mencintai karena Allah dan membenci karena Allah. Caper dan baper lah kepada Allah. Begitu indah hidup seperti itu,” demikian pungkasnya. (rsp)

 

Editor  : Guntur Wibowo

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239