Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Jemput Mahasiswa PPL Internasional, WR IV UMP: “Program Ini Langkah Realisasikan World Research University!”

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berkomitmen memberikan pengalaman internasional untuk mahasiswa dan dosen. Salah satunya melalui program Praktik Pengajaran Lapangan (PPL) internasional. Langkah tersebut merupakan strategi UMP menyongsong menjadi perguruan tinggi berbasis penelitian level dunia pada 2031 mendatang.

 

 

UMP yang sekarang menempati rangking 70 dari 3.000 Universitas di Indonesia, peringkat keenam dari PTM di Indonesia, dan terbaik kedua PTM di Jawa Tengah ini, selama lima tahun terakhir mengirimkan mahasiswa-mahasiswa terbaiknya turut dalam program PPL di luar negeri. Kebijakan tersebut dijalankan dalam rangka memperluas jaringan kerjasama internasional, pengalaman pengajaran bagi mahasiswa, dan meningkatkan output mahasiswa UMP.

 

Pada tahun ini, program PPL internasional UMP dimulai di Negeri Jiran, Malaysia. Dimulai pada 14 Februari lalu, 15 mahasiswa berprestasi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMP berangkat pelatihan praktik pengajaran dan pengelolaan sekolah. Berkolaborasi dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM), mahasiswa UMP mengajar di tiga sekolah di Malaysia.

 

“Kami menarik mereka (mahasiswa_red) hari ini. Alhamdulillah, semua berjalan lancar. Tidak semua mahasiswa dapat kesempatan ini, maka dari itu pengalaman mereka selama di sini (UTM_red) dapat menjadi rujukan bagi mahasiswa-mahasiswa lain. Ini karena tentunya, ada perbedaan antara budaya sekolah di luar dan dalam negeri. Hal tersebut adalah pengalaman yang sangat berharga,” papar Wakil Rektor Bidang Pengembangan, Kerjasama, dan Al Islam Kemuhammadiyahan UMP, Dr. Ners. Jebul Suroso, S. Kep., M. Kep saat dihubungi via video conference oleh Tim Humas UMP, sesaat setelah upacara penjemputan mahasiswa PPL internasional di UTM Malaysia, hari ini (14/3).

 

Menurut data dari Kantor Urusan Internasional (KUI), UMP saat ini menjalin hubungan dengan 60 perguruan tinggi internasional di ASEAN, Asia, Timur Tengah, Australia, dan Eropa. Meski demikian, kata Jebul, UMP masih terus berusaha jaringan kerjasama internasional, “Program PPL internasional menjadi salah satu langkah realisasikan World Research University. Selain itu, pada Agustus mendatang UMP juga segera mengirimkan 40 mahasiswa untuk Kuliah Kerja Nyata di luar negeri. Tidak berhenti di situ, karyawan dan dosen berprestasi juga akan diberangkatkan ke luar negeri untuk menambah kompetensi mereka, dalam bentuk short course,” tandas Jebul.

 

Sementara itu, Kepala KUI UMP, Santhy Hawanti, Ph. D mengungkapkan, UMP optimis bahwa di masa depan, kerjasama dengan UTM akan semakin berkembang dan intensif untuk mengimplementasikan program-program unggulan.  “Berikutnya kami dapat membahas terkait peran perguruan tinggi untuk membangun aspek pendidikan pada masyarakat,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Santhy menjelaskan, UMP selalu berusaha membaca peluang kerjasama dengan instansi pendidikan dan non pendidikan di luar negeri. Sejumlah program yang dijalankan menurutnya berlingkup antara lain,  International Student Community Engagement Program, Summer Camp, Guest Lecture, Joint Seminar and Conferences, Internship, dan Joint Research, “Tentunya semua program tersebut direncanakan dengan baik dan matang, agar target yang dibidik tidak meleset,” pungkas dia. (Gun)

 

 

Editor : Guntur Wibowo

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239