Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

UMP Tembus MoU dengan 12 Perguruan Tinggi Ternama Taiwan

Atas prakarsa Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) tergabung dalam 33 PTM menandatangani nota kesepemahaman dengan 12 Perguruan Tinggi ternama dari Taiwan, hari ini (9/3) di aula KH. Dahlan Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jl. Menteng Raya No. 62 Jakarta Pusat.

 

 

Memorandum of Understanding (MoU) yang beratasnamakan University of Muhammadiyah Leading Group dan Tainan Universities Alliance ini, berisikan tentang lima hal, yakni pertukaran mahasiswa antara kedua belah pihak; kerjasama jurusan, beasiswa, dan staf; kerjasama pengembangan kurikulum; kolaborasi riset yang menguntungkan; semua kerjasama meliputi kebudayaan, ekonomi, norma, sosial dan politik yang berdampak pada modernitas teknologi berdaya saing global.

 

Menurut Wakil Rektor Bidang Pengembangan, Kerjasama, dan Al Islam Kemuhammadiyahan UMP, Dr. Ners. Jebul Suroso, S. Kep., M. Kep, ini merupakan kabar bahagia bagi civitas akademika UMP dan bagi pendidikan tinggi Muhammadiyah pada umumnya, karena kerjasama tersebut menjadi capaian berarti untuk langkah internasionalisasi muhammadiyah, demi terciptanya pendidikan yang berkemajuan.

 

“Kerjasama ini tidak hanya bermanfaat bagi UMP ataupun Muhammadiyah saja. Akan tetapi juga untuk pendidikan di Indonesia secara keseluruhan. Manfaat dari kerjasama ini, tentu akan menjadikan dunia pendidikan semakin berkelas. Kita dapat saling belajar antara konsep, sistem, dan manajemen pendidikan. Ini yang kita perlukan saat ini, agar khususnya pendidikan tinggi di Indonesia lebih berkualitas,” papar Jebul saat dikonfirmasi via pesan singkat.

 

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UMP, Santhy Hawanti, Ph. D mengungkapkan, MoU itu dapat memuluskan kerjasama-kerjasama dalam bentuk teknis antara UMP dan 12 PT dari Taiwan tersebut, “Pintu sudah terbuka, kami dari KUI setelah ini segera mengkomunikasikan dengan pimpinan Fakultas dan Program Studi di UMP. Ini bertujuan supaya MoU tersebut, dapat segera ada kerjasama secara fisik. Kita harus segera do action, itu yang paling penting,” tandasnya.

 

Perlu diketahui, dalam agenda MoU tersebut dihadiri Ketua PP Muhammadiyah, Dr. H. Haedar Nashir, M.Si dan Walikota Tainan, Taiwan, Ching-Te Lai, M.D. Tercatat terdapat 33 PTM yang turut kerjasama, yakni Universitas Muhammadiyah (UM) Purwokerto, UM Tangerang, UM Jakarta, UM Buton, UMPalangkaraya,UMMataram, UMSumatera Utara, UM Sukabumi, UMMaluku Utara, UMBanjarmasin, UMKendari, UMTasikmalaya, UAD, UM Sidoarjo, UHAMKA, UMBandung, UM Makassar, UMGresik, UMSemarang, UMAceh, UMPalembang, UMSurakarta, UM Ponorogo, UM Surabaya, UNISA Yogyakarta, STISIP Muhammadiyah Rappang, STIKES Muhammadiyah Klaten, STF Muhammadiyah Tangerang, STKIP Muhammadiyah Enrekang, STT Kebumen, STIKES Muhammadiyah Gombong, STIEM of Muhammadiyah Cilacap, STIKES Muhammadiyah Palembang, dan STKIP MuhRappang.

 

 

Sementara itu, 12 perguruan tinggi dari Taiwan, yakni National Cheng Kung University, Southern Taiwan University of Sceince and Technology, Chang Jung Christian University, Tainan National University of The Arts, National University of Tainan, Chung Hwa University of Medical Technology, University of Kang Ning, Tainan University of Technology, Taiwan Shoufu University, Far East University, Kun Shan University, dan Chia Nan University of Pharmacy & Science. (Gun)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239