Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

UMP Jadi Salah Satu Pemegang Saham University Consorsium Muhammadiyah Malaysia

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bersanding dengan 11 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Indonesia dalam membeli saham mayoritas salah satu perguruan tinggi swasta ternama di Malaysia, yakni Asia E University yang berlokasi di Kuala Lumpur. Pengamanahan tersebut tertuang dalam surat tugas No. 04/TGS/I.A/2017 dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah tertanggal 2 Februari 2017.

 

 

Muhammadiyah melakui 12 PTM memilih mengakusisi perguruan tinggi di Malaysia, karena faktor kemudahan proses pendirian perguruan tinggi dibanding negara-negara lain. Alasan lain, banyak PT di Negeri Jiran yang sudah masuk kategori world class university. Ditambah lagi PT di Malaysia sudah siap untuk pengembangan S3.

 

Wakil Rektor Bidang Pengembangan, Kerjasama, dan Al Islam Kemuhammadiyahan UMP, Dr. Ners. Jebul Suroso, S. Kep., M. Kep mengungkapkan, UMP yang masuk bersama 12 PTM lain di Indonesia mengakuisisi PT di Malaysia merupakan langkah nyata UMP dan Muhammadiyah semakin mendunia.

 

“Kami memiliki target menjadi universitas berbasis penilitian kelas dunia pada 2031 mendatang. Ini salah satu strategi kami. Hal ini juga menjadi bagian dari internasionalisasi Muhammadiyah,” ungkap Jebul, hari ini (9/3)

 

Lebih lanjut, Jebul menjelaskan, proses akuisisi tersebut ditargetkan dapat terselesaikan pada tahun ini. Sehingga saat tahun ajaran baru pada September 2017, PTM di Indonesia bisa mengirim para dosen untuk mengikuti program doktor di Asia E University, “Ini selaras dengan target Muhammadiyah bahwa dalam tiga tahun ke depan ada 1000 dosen dengan gelar doktor di PTM,” tandasnya.

 

Adapun ke 12 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang tergabung dalam konsorsium tersebut di antaranya yaitu Universitas Muhammadiyah (UM) Purwokerto, UM Surakarta, UM Surabaya, UM Malang, UM Jakarta, UM Semarang, UM Sumatera Utara, UM Palembang, UM Yogyakarta, UM Makassar, Universitas Ahmad Dahlan, dan UM Prof Dr Hamka. Dengan diambil alihnya saham Asia E University, maka kemudian namanya diubah menjadi University Consorsium Muhammadiyah Malaysia (UCMM). (Gun)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239