Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Internasionalisasi, Kampus Wajib Persiapkan Pengelolaan Berkelas

Isu strategis mengenai peran perguruan tinggi (PT) Indonesia di kancah internasional makin mengemuka. Saat ini tidak hanya PT di kota-kota besar yang menjalankan, namun sudah hampir di seluruh PT di Indonesia melakukan program tersebut. Penyiapan manajemen, fasilitas, dan jejaring menjadi hal sangat penting diadakan. Salah satu yang menjadi program unggulan PT mengimplementasikan internasionalisasi, yakni dengan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA).

 

 

Pernyataan itu disampaikan salah satu narasumber, Yusro Edy Nugroho, S.S., M. Hum dalam Workshop Nasional Manajemen Program BIPA pada akhir pekan lalu (2-3/3) di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). UMP menginisiasi PT lain untuk mendiskusikan membuat konsep dan sistematika program BIPA pada PT.

 

“Program BIPA menjadi salah satu implementasi nyata agenda internasionalisasi di perguruan tinggi. Segala persiapan berstandar berkelas, yang menyesuaikan perguruan tinggi luar negeri harus dipersiapkan. Maka dari itu, sangat disarankan PT di Indonesia sering melakukan kunjungan ke PT di luar negeri,” ungkap Yusro.

 

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UMP, Santhy Hawanti, Ph. D mengatakan adanya disparitas budaya cukup lebar antara mahasiswa Indonesia dan luar negeri. Menurut Santhy, mahasiswa luar negeri lebih kritis ketika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan mereka.

 

“Mereka dalam tanda kutip bisa dikatakan lebih cerewet dibandingkan dengan mahasiswa Indonesia. Salah satu contoh saja, kalau mereka sangat selektif memilih tutor. Kalau mereka sudah tidak cocok dengan salah satu tutor. Maka mereka meminta ganti. Oleh karenanya, pengelolaan kampus yang tengah menjalankan program internasionalisasi harus berstandar internasional juga.

 

 

Pada workshop yang dihadiri 49 peserta dari puluhan Perguruan Tinggi di Indonesia inii diisi empat narasumber, yakni Santhy Hawanti, Ph. D, Yusro Edy Nugroho, S.S., M. Hum, Emma Maemunah, dan Drs. M. Muzakka, M.Hum. (gun)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239