Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Prodi TI UMP Terakreditasi B!

Makin banyak, program studi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang berhasil re-akreditasi menjadi B. Menyusul fakultas hukum dan sastra yang baru saja terakreditasi B, kini giliran program studi Teknik Informatika (TI),  yang memperoleh akreditasi B. Hal itu ditegaskan dengan adanya surat keputusan Nomor 0178/SK/BAN-PT/AKRED/S/I/2017 dari BAN-PT.

 

 

 

Jika menilik dari pendiriannya, Prodi TI termasuk golongan yang baru di UMP. Kepala Program Studi Teknik Informatika, Harjono, ST, M.Eng mengungkapkan, meski baru, semangat civitas akademikanya untuk selau meningkatkan kualitas patut mendapatkan apresiasi yang tinggi. Tidak bisa dipungkiri, salah satu kendala awal ada pada keterbatasan tenaga pengajar lulusan S2. Namun seiring waktu, prodi ini memberikan dukungan mereka untuk studi lanjut. Alhasil beberapa diantaranya kini sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi terkemuka yang ada di Indonesia.

 

Selain pengajar, prodi TI juga senantiasa membenahi diri dari aspek sarana prasarana yang memadai, seperti terpenuhinya ruang kuliah ber-AC, area hotspot, laboratorium, perpustakaan dan fasilitas lainnya. Tidak kalah pentingnya juga tentang kerjasama, Prodi TI telah menjalin kerjasama dari tingkat lokal hingga internasional. Pada tingkat lokal prodi TI bekerjasama dengan Banyumas Creative Center (BCC), sedangkan di level internasional, sebelumnya, selama 3 tahun dari tahun 2011, TI melakukan kerjasama dengan World’s Leading Talent Development Corporation (NIIT) India yang merupakan institusi pendidikan teknologi Informasi internasional dengan jaringan mencapai 44 negara di seluruh dunia. Kerjasama dilakukan terkait kurikulum gabungan. “Setelah lulus mahasiswa mendapatkan sertifikat setara D1 dari NIIT,” terang Harjono.

 

Selain itu, Prodi TI juga sudah menjalin kerjasama dengan Microsoft. Selama satu tahun terakhir, Prodi TI sudah mengambil beberapa materi kurikulum dari Microsoft Imagine Akademi (MIA). “Rencana kedepan lulusan bisa langsung dapat sertifikat dari microsoft. Karena untuk sekarang mahasiswa mendapat sertifikat dari microsoft, mereka harus ujian diluar kota,” katanya.

 

Terkait dengan pemeroehan sertifikat tersebut, Prodi TI UMP sedang merencanakan pendirian Testing Center sebagai tempat ujian mahasiswa untuk memperoleh sertifikat. Tidak hanya itu, Prodi TI juga akan mendirikan Tempat Uji Kompetensi (TUK) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). “Nantinya kita akan bekerjasama dengan PT EBIZ Infotama Interindo. Perusahaan terebut merupakan pihak perantara kita untuk bekerjasama dengan Microsoft,” kata Harjono.

 

Hal yang juga menjadi keunggulan Prodi TI, yakni adanya kurikulum terkait dengan jaringan komputer dari CISCO. CISCO Networking Academy Program (CNAP) adalah program belajar jaringan komputer yang merupakan perpaduan antara konsep belajar e-learning dengan Hands On Training. Metode tersebut pengajaran merupakan kombinasi antara teori dan praktek sesuai dengan kurikulum yang disusun oleh Cisco System dan berlaku untuk Cisco Networking Academy di seluruh dunia.Proses pembelajaran CNAP yang kami selenggarakan dipandu oleh para instruktur yang memiliki sertifikasi internasional baik CCNA (Cisco Certified Network Associate) maupun CCAI (Cisco Certified Academy Instructor) yang dikeluarkan oleh Cisco System sebagai syarat kualifikasi instruktur di CNAP. Harjono memastikan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh civitas akademika TI menunjukkan hasil yang baik, tercatat, dalam beberapa tahun terakhir, ada peningkatan jumlah mahasiswa. (Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239