Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

FAI UMP : Atasi Problematika Umat dengan Filantropi

Dukung gerakan kemanusiaan, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP) adakan seminar nasional bertemakan “Gerakan Filantropi dalam Mendorong Sinergisitas dengan Lembaga Pendidikan Islam”, Selasa lalu. Seminar yang diikuti lebih dari 200 peserta ini mengundang narasumber yakni Hilman Latief, MA, P.hD (Ketua Badan Pengurus Lazismu), Fajar Riza Ul Haq, MA (Staff Khusus Mendikbud RI Bidang Kerjasama Antar Lembaga) dan Anjar Nugroho, S.Ag, MSI, MHI (Dosen FAI UMP sekaligus Wakil Rektor Bidang Akademik UMP).



Dalam paparannya, Anjar lebih banyak menitikberatkan pada kondisi yang memunculkan filantropi sebagai solusi dari problematika umat. Di mana salah satu penyebabnya adalah kemiskinan. Menurut Anjar, kemiskinan bukan hanya disebabkan kondisi malas bekerja tetapi juga karena lapangan pekerjaan yang tidak memadai. Dalam perkembangannya, permasalahan kemiskinan ini juga bisa menjadi pemantik munculnya konflik lain. “Maka, filantropi harus hadir untuk menjadi solusinya. Filantropi muncul sebagai gerakan masyarakat yang peduli terhadap permasalahan sosial,” tutur Anjar.   



Sementara itu Hilman Latief, menegaskan, “Kemiskinan bisa terjadi dari profesi orang tua yang turun temurun. Sementara tidak semua orang mau untuk memotong jalur tersebut,” ujarnya. Kemiskinan juga menurut Hilman Latief yang melandasi munculnya gerakan filantropi. Lebih lanjut, Hilman Latief menjelaskan, dalam wacana Islam, filantropi sesungguhnya sudah ada dalam sistem zakat, infak, sadakah dan lainnya. Hanya saja filantropi di Indonesia masih menggunakan cara konvensional (melalui perseorangan). “Kondisi ini menjadikan praktik filantropi ini bersifat konsumtif bukan produktif. Oleh karenanya dengan munculnya lembaga bantuan pemerintah atau amil zakat memudahkan masyarakat menyalurkan zakat dan dananya dapat dimanfaatkan dengan baik,” terangnya



 

Terpisah, Fajar Riza Ul Haq ingin mensinergikan lembaga filantropi dengan lembaga pendidikan. Ide itu muncul dari adanya kenyataan biaya kuliah semakin hari semakin mahal, menjadikan perguruan tinggi dituntut untuk mempunyai strategi yang tepat dalam pendanaannya. “Salah satu pendanaan perguruan tinggi adalah amal usaha yang didirikan dan filantropi. UMP sudah melakukan gerakan tersebut, dari 11 amal usaha yang dimiliki UMP. UMP dapat meringankan biaya perkuliahan mahasiswa,” pungkasnya. (Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239