Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Wisuda Ke 58 : UMP Berkomitmen Makin Mendunia

Ada yang menarik dalam wisuda ke 58 yang berlangsung di Auditorium Ukhuwah Islamiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), hari ini (4/2)/. Hal ini karena wisudawan yang tampil untuk memberikan kesan dan pesan mewakili para wisudawan adalah seorang mahasiswa asing. Wakil wisudawan tersebut bernama Iswandee Sae, mahasiswa asal Thailand yang baru menyelesaikan kuliah di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggirs Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMP. “Yang bersangkutan menimba ilmu di UMP dengan beasiswa dari PP Muhamadiyah dan SBPAC (Southern Border Province Administrative Centre),” jelas Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH.

 

 

Menurutnya, sejak beberapa tahun terakhir, UMP memang menerima bebrapa mahasiswa asal Thailand yang mendapat beasiswa dari PP Muhammadiyah. Mereka menempuh kuliah di beberapa program studi. “Beberapa di antaranya, ikut dalam wisuda periode sekarang,” katanya. Dalam kesan dan pesan yang disampaikan, Iswandee mengaku sangat bersyukur dan mendapat keistimewaan luar biasa bisa kuliah di UMP. “Di antara teman-teman saya di Thailand yang masih sangat terbatas dalam menerima akses pendidikan tinggi, saya bisa mendapat eksempatan menempuh kuliah di UMP”.

 

Ia juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya pada jajaran rektorat dan dosen, karena telah banyak memberikan bimbingan. Bukan hanya bimbingan yangbersifat akademik, tapi juga telah membantu mengenal bahasa, budaya dan kebiasaan di Indonesia yang sangat berbeda dengan di Thailand. Sekembalinya ke Thailand, ia mengaku akan sangat bangga mengatakan bahwa dirinya adalah lulusan UMP. ”Saya akan menyatakan kepada teman, saudara dan anak-anak saya kelak, bahwa saya lulusan UMP,” katanya.

 

Dalam wisuda ke 58 ini, terdapat 504 lulusan UMP yang diwisuda. Mereka terdiri dari 33 lulusan program magister, 468 lulusan program sarjana, dan 3 orang lulusan program Diploma III. Rektor menyatakan, pada usianya ke 52, UMP telah menjadi perguruan tinggi Islam terbesar di Jawa Tengah Selatan dan terbaik. “Kita juga telah berkomitmen agar UMP menjadi semakin mendunia, sejalan dengan program internasionalisasi yang sedang kita lakukan,” jelasnya.

 

Ia juga menegaskan akan terus meningkatkan kualitas dosen dan lulusannya, serta menambah berbagai fasilitas penunjang pendidikan. “Pembangunan UMP yang sedang berlangsung, diharapkan akan makin mengokohkan posisi UMP sebagai perguruan tinggi yang diperhitungkan kaena kualitasnya,” ujarnya.

 

Wakil Rektor Bidang akademik, Anjar Nugroho, Sag, MSI, MHI, dalam laporannya menyatakan wisuda kali ini merupakan prosesi pelepasan lulusan magister, sarjana dan ahli madya ke 58 sejak UMP berdiri dan masih berbentuk IKIP Muhammadiyah, atau wisuda ke 45 setelah alih status universitas. Sebanyak 504 lulusan UMP yang diwisuda. Terdiri dari 33 lulusan program magister Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S2). Sedangkan lulusan sarjana yang diwisuda berjumlah 468 orang, berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 215 orang, Fakultas Agama Islam sebanyak 19 orang.

 

Kemudian Fakultas Ekonomi sebanyak 119 orang, Fakultas Teknik 34 orang, Fakultas Pertanian 13 orang, Fakultas Psikologi 15 orang, Fakultas Farmasi 30 orang, Fakultas Sastra 4 orang, Fakultas Hukum 12 orang dan Fakultas Ilmu Kesehatan sebanyak 7 orang. Sedangkan dari program Diploma III, ada 3 orang yang diwisuda. Adapun lulusan terbaik dari program magister diraih oleh Welly Nores Kartadireja dengan IPK 3,87, masa studi 2 tahun 6 bulan. Sedangkan 3 terbaik dari program S1 diraih oleh Adinda Lionita Hidayah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (IPK 3,92), Tuti Alawiyah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (IPK 3,92) dan Bayu Adi Sulistyo, Fakultas Sastra (IPK 3,88). Untuk Diploma 3, Eka Apriasih yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (IPK 3,21) berhasil menjadi yang terbaik.

 

Di samping lulusan terbaik dari aspek akademik, UMP memberikan penghargaan pada 3 wisudawan untuk kategori terbaik di bidang Al Islam Ke-Muhammadiyahan. Ketiganya yakni Eko Prastowo (Pendidikan Matematika, FKIP), Hamizah Zebriyaty (Pendidikan Agama Islam, FAI) dan Rahmah Prihatin (Pendidikan Agama Islam, FAI).  Selain itu, Ikatan Alumni UMP juga memberikan penghargaan pada 3 berprestasi terbaik di bidang non akademik yakni Anggi Nuritasari (Fakultas Farmasi), Dwita Aliniar (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) dan Rizqi Noermentari (Fakultas Farmasi).

 

 

 

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239