Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

HMTI UMP : Pengguna Internet Wajib Mewaspadai Cyber Crime

Ramainya perbincangan tentang cyber crime, khususnya yang menyerang website menjadi perhatian Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto (HMTI UMP) untuk menyelenggarakan seminar bertajuk “Perlindungan Web dalam Mengatasi Kelemahan Sistem Keamanan”, Kamis lalu.

 

 

Ketua Program Studi TI, Harjono, ST, MEng, mengatakan, ketika internet telah masuk dalam peradaban manusia membuat semua orang dapat terkoneksi satu sama lain. Di satu sisi, kondisi ini memberikan kemudahan namun di sisi lain terkoneksinya semua orang melalui internet mendatangkan kejahatan model baru, cyber crime. “Jika pengguna tidak memiliki pengetahuan bahwa terhubung dengan internet ada ancaman yang mengintai, maka akan merugikan kita dan membawa dampak yang fatal,” katanya.

 

Senada dengan Harjono, Dekan FT UMP, Muhamad Taufiq Tamam, ST, MT, menjelaskan, kehadiran internet banyak menghadirkan persoalan baru. Kondisi ini harus bisa disikapi dengan cepat oleh masyarakat agar berjalan seiring dengan teknologinya. Taufiq Tamam mencontohkan, beberapa tahun yang lalu website UMP pernah dibajak. Menurut Taufiq Tamam itu menandakan tingkat keamanannya rendah, jika dibiarkan akan memberikan kerugian yang fatal. “Pengawasan masalah sistem keamanan atau security system merupakan tuntutan. Kini sistem pertahanan web UMP sudah semakin diperkuat agar tidak ada pihak yang memanfaatkannya untuk keperluan tertentu,” terangnya.

 

 

Seminar ini mendatangkan Ketua National Cyber Security Defance (NCSD), Iwan Sumantri. Di hadapan lebih dari 130 peserta, Iwan ingin mengajak peserta untuk mengetahui tren serangan web terbaru dan penanganannya. Selain itu, Iwan juga memaparkan tentang tata cara pengujian sistem keamanan digital. “Munculnya cyber crime mendorong seorang TI harus mampu menjalankan tugas untuk memberantasnya. Cyber crime tidak hanya merugikan personal tapi juga dapat mengganggu kemanan negara,” tandasnya. Oleh karena itu Iwan mendorong mahasiswa TI UMP agar selalu meningkatkan kompetensinya, ikut serta menjadi bagian dalam gerakan memerangi cyber crime. (Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239