Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

UPT Perpustakaan UMP Galakkan Gerakan Literasi Informasi!

Plagiarisme, kata ini telah lama menjadi pekerjaan rumah akademisi. Meskipun regulasi yang mengatur tentang plagiarisme sudah ada, namun tetap belum dapat menjauhkan plagiarisme dari karya ilmiah. Kondisi inilah yang mendorong Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengadakan Workshop Literasi Informasi dalam Menulis Karya Ilmiah, Selasa lalu.

 

Kepala UPT Perpustakaan UMP, Purwati, S.I.Kom mengatakan, adanya tuntutan terhadap pustakawan agar tidak hanya sebatas pada keterampilan teknis dan administratif, telah mendorong UPT Perpustakaan UMP untuk menggalakkan kompetensi pustakawan dalam memanfaatkan sumber informasi secara efektif melalui literasi informasi. Menurut Purwati kompetensi inilah yang bisa menjadi modal dalam karya ilmiah untuk menghindari plagiarisme. UPT Perpustakaan UMP ingin memberikan keterampilan pada pengajar dan pustakawan tentang literasi informasi sebagai kebutuhan penting dalam karya ilmiah.

 

Workshop yang diikuti oleh lebih dari 50 peserta yang terdiri dari pustawakan dan pengajar sekolah menengah ini mendatangkan narasumber eksternal dan internal. Dari eksternal, UPT Perpustakaan mengundang Ketua IPI Kabupaten Banyumas Djoko Prasetyo, S.Sos, M.IP dan Kepala Unit Perpustakaan IAIN PurwokertoAris Nurohman, S.HI, M.Hum. Djoko memaparkan tentang penggunaan citation & reference manager dalam menulis karya ilmiah dan Aris lebih menekankan tentang materi yang berkaitan dengan sintesis pada penulisan karya ilmiah. Adapun narasumber internal, pustakawan muda dari UPT Perpustakaan, Riski Tri Wismanawati, S.Hum, alumni S1 Ilmu Perpustakaan dari Universitas Diponegoro, lebih menitikberatkan materi tentang tuntutan tenaga pendidik dan pustakawan dalam menguasai teknologi informasi.


Wakil Rektor 3, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ir. Aman Suyadi, MP mengatakan, timing workshop ini sangat tepat karena berkaitan dengan upaya UMP menggerakkan semua lini guna mendorong akreditasi institusi. “Telah berhasilnya UPT Perpustakaan UMP meraih akreditasi A, tentu harus berjalan seiring dengan kegiatan yang mampu mendorong iklim akademik. Salah satu adalah workshop ini,” katanya. Aman mengungkapkan, kompetensi literasi sangat penting guna membantu dosen dan mahasiswa terhindar dari plagiarisme. “Literasi informasi penting untuk disebarkan pada mahasiswa agar nantinya tidak ada kekeliruan dalam penulisan ilmiah,” ujarnya. Aman juga berharap agar UPT Perpustakaan UMP senantiasa mengkampanyekan pentingnya gerakan literasi informasi bagi akademisi. (Ulv/Pra)

 

 

 

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239