Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Wujudkan Solidaritas Sosial, Mapala Satria UMP Rutin Adakan Donor Darah

Implementasikan tri darma perguruan tinggi, Unit Kegiatan Mahasiswa Mapala Satria Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UKM Mapala Satria UMP) rutinkan donor darah sebagai salah satu program kerjanya. Menurut Bangun Rizka Wijayanto, anggota senior yang juga mantan Ketua Mapala periode lalu, salah satu tri darma perguruan tinggi adalah pengabdian masyarakat, “Bentuk pengabdian kami adalah donor darah sebagai program kemanusiaan rutin yang kami lakukan setiap 3 bulan sekali. Ini adalah wujud solidaritas sosial,” ujarnya.

 

 

Mapala Satria bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Banyumas. Kerjasama juga terkait komunikasi tentang stok kebutuhan darah yang sedang dibutuhkan. Bangun meyakinkan, setetas darah kita akan memberikan manfaat bagi orang lain, “Oleh karenanya kami mendorong segenap civitas dapat berperan serta dalam kegiatan ini secara berkelanjutan,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Ketua Umum Mapala Satria UMP, Odi Ari Pratama, mengatakan, pelaksanaan donor kali ini dilakukan dari pagi hingga sore di Sekretariat Mapala. “Kami menargetkan pendonor bukan hanya dari mahasiswa tetapi masyarakat sekitar Dukuhwaluh,” jelasnya.

 

Kegiatan yang dilakukan pekan lalu ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ir. Aman Suyadi, MP. “Saya apresiasi kegiatan Mapala Satria yang selama ini bergerak dalam kegiatan sosial, Khususnya donor darah ini yang sering dilaksanakan secara rutin. Pertahankan kegiatan sosialnya,“ pungkasnya. Aman sebenarnya juga ingin melakukan donor darah namun kondisinya tidak memungkinkan, terkendala masalah tekanan darah tinggi. Aman mendorong civitas akademika yang sehat dapat berperan serta membantu kebutuhan darah di Banyumas melalui donor darah.

 

Aman memahami, kebutuhan darah sangat vital dan sifatnya mendesak. “Kalau tidak salah, permintaan darah di Banyumas seharinya mencapai 240 kantong. Angka ini tidak akan bisa terpenuhi jika kita tidak menggalakkan nilai-nilai kemanusiaan, berbagi satu sama lain,” tuturnya. Aman ingin Mapala Satria dapat senantiasa menumbuhkan kesadaran tersebut.

 

 

Upaya yang dilakukan oleh Mapala Satria tidak sia-sia, pendapatan darah di termin pertama (08.00-12.00) jumlah pendaftar mencapai 30 orang, namun 10 di antaranya tidak dapat melakukan donor darah karena pertimbangan kesehatan. Sedangkan di termin kedua, (13.00-15.00) ada 20 orang dari 33 pendaftar yang bisa melalukan donor. Total, kantung darah yang bisa dikumpulkan adalah 40 kantong darah dari 66 pendaftar. PMI Banyumas mengapresiasi upaya Mapala Satria yang dalam beberapa kali penyelenggaraanya terlihat adanya peningkatan animo pendonor. Ke depannya, PMI Banyumas akan sering melakukan sosialisasi untuk mengenalkan cara donor darah yang sehat dan berkualitas. PMI Banyumas juga ingin menjadikan kegiatan sosial sebagai gaya hidup. (Bgn/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239