Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Siswa Se-Indonesia Ikuti Lomba Matematika Nasional di UMP

Adanya anggapan di kalangan siswa bahwa matematika menakutkan, mendorong Himpunan Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (HIMATIKA FKIP UMP) gelar Lomba Matematika Nasional (LMN) ke-4, Minggu (19/2) di Auditorium Ukhuwah Islamiyah. Lomba yang bertajuk “Membangun Generasi Emas Matematika yang Cerdas, Berkarakter dan Unggul dalam Prestasi” ini tidak hanya sekedar mencari juara tetapi juga mengkampanyekan matematika sebagai ilmu yang menarik, penggunaannya banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Lomba ini merupakan agenda tahunan yang sudah dilakukan selama 28 kali. Awalnya FKIP UMP hanya melibatkan peserta dari tingkat lokal, baru di tahun 2014 levelnya dinaikkan menjadi nasional. Perubahan jangkauan ini tidak terlepas dari meningkatnya antusiasme peserta tiap tahunnya. Tercatat, di tahun ini saja ada 743 siswa yang terdaftar menjadi peserta, mereka terdiri dari 297 siswa SD/MI, 226 siswa SMP/MT dan 220 siswa SMA/MA/SMK. Angka ini lebih banyak dari tahun sebelumnya dengan tingkat heterogenitas yang cukup tinggi, berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, Cirebon, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Bali.

 

Ketua panitia, Ibnu Tsani mengemukakan, salah satu tujuan LMN adalah menumbuhkan minat dan bakat siswa pada matematika. Hal ini dikarenakan masih banyaknya anggapan siswa yang memandang matematika sebagai ilmu membosankan dan menakutkan. Padahal menurut Tsani, matematika merupakan centre point dari segala cabang ilmu yang ada. “Matematika itu mengasikkan jika dilakukan dengan tidak monoton. Jangan takut, karena matematika merupakan teman yang asik, kalau tidak asik pesertanya tidak mungkin sampai sebanyak ini,” kata Tsani.

 

Acara dibuka langsung oleh Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH. Dalam sambutannya rektor mengemukakan, UMP sangat mendukung kegiatan akademik yang sifatnya mengembangkan akademik, minat dan bakat siswa, seperti LMN 2017. Rektor meyakini kegiatan yang mengedepankan kompetisi sehat bisa menjadi media penghubung yang mampu mencetak generasi muda percaya diri, berilmu pengetahuan dan berkualitas. Dalam kesempatan ini, rektor juga mengabarkan perkembangan UMP yang semakin maju dari berbagai sektornya. “Saat ini UMP telah menjadi perguruan tinggi terkemuka. UMP diperhitungkan bukan hanya dalam lingkup lokal, tetapi juga nasional dan bahkan nama besar UMP sedang dirintis dalam skala internasional,” pungkasnya. Di akhir sambutan rektor berpesan kepada siswa agar dapat mengedepankan jiwa kompetisi yang baik. “Selamat berkompetisi. Saya ucapkan selamat datang di UMP,” tandasnya mantap.  

  

Sistem lomba menerapkan dua babak yaitu penyisihan dan final. Di penyisihan peserta akan disuguhkan dengan soal pilihan ganda. Bagi yang lolos akan maju ke babak final. Di babak ini mereka dihadapkan dengan soal esai. LMN tahun ini akan memperebutkan piala bergilir dan sejumlah penghargaan lain. Di akhir lomba terdapat sejumlah nama siswa yang berhasil menduduki peringkat 3 besar. Untuk tingkat SD mereka adalah Sandy Kristian Waluyo dari SDK Plus Penabur Cirebon (Juara 1), Muhammad Suryadeva dari SD Islam Al-Azhar 3 Cirebon (Juara 2) dan Vicenzio Julian Sugiono dari SD Nasional 3 Bahasa Putra Harapan (Juara 3). Sedangkan 3 nama di tingkat SMP/MTs yang bertengger di 3 besar adalah Justin Adrian Halim dari SMP PL Bintang Laut Surakarta (Juara 1), Christopher Nathanael Wijaya dari  SMP Susteran Purwokerto (Juara 2) dan Ferdinand Halim Santoso dari SMP Kalam Kudus Surakarta (Juara 3). Kemudian untuk 3 besar dari SMA/MA/SMK diraih oleh Mukhamad Fishal Khabib dari MA Al-Hikmah 2 (Juara 1), Rijal Ghodi dari MA Al-Hikmah 2 (Juara 2) dan Mochammad Ilham Nugroho dari MAN Majenang (Juara 3). (Bgn/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239