Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

LPPI Bangun Karakter Islami Mahasiswa UMP Melalui Mentoring

Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (LPPI UMP) dorong mahasiswa semester 2 untuk memantapkan bacaan Al Quran melalui program mentoring. Ketua LPPI, Dr. Darojat, MAg memastikan, kegiatan ini bukan hanya soal program kerja, tetapi juga mengoptimalkan kemampuan baca tulis Al Quran mahasiswa. Menurut Darojat, keberadaan UMP sebagai perguruan tinggi Islam memiliki tanggung jawab besar, memastikan generasi muda dapat tumbuh berkembang dalam nilai-nilai yang Islami.

 

 

Terkait penekanan kemampuan baca tulis Al Quran yang diwajibkan oleh LPPI, hal tersebut dikarenakan kemampuan itu yang bisa menjadi jalan mahasiswa untuk dapat mengetahui lebih baik lagi dari nilai-nilai yang terkandung dalam Al Quran. Kemampuan tersebut juga yang nantinya menjadi ciri pembeda mahasiswa UMP dengan lainnya. “Mahasiswa UMP meski nantinya tersebar di seluruh penjuru dunia, harus senantiasa memegang teguh Al Quran sebagai pedoman hidup. Oleh karenanya UMP berkewajiban membekali mahasiswa dengan kemampuan memahami Al Quran,” kata Darojat ketika membuka acara grand opening mentoring semester 2.

 

Program ini merupakan lanjutan dari mentoring yang telah diikuti mahasiswa selama satu tahun sebelumnya. Progam ini juga menjadi syarat mahasiswa untuk bisa mengambil mata kuliah studi Islam. “Ini menjadi pilot project kami. Sasaran utama kami bukan hanya unggul di bidang keilmuan tetapi juga memiliki jiwa keIslaman yang mantap,” kata Darojat.

 

Selain itu, Darojat memastikan, LPPI UMP akan menjadi garda terdepan yang mengambil peran terwujudnya generasi UMP yang unggul, modern dan Islami. LPPI akan senantiasa memotivasi mahasiswa, mengajak evaluasi diri dan  memahami ilmu agama. “Kita berharap, iklim akademik Islami yang sudah dibangun dapat dimaknai dengan baik oleh mahasiswa. Tingkah laku mereka harus menyiratkan pribadi yang Islami,” tuturnya. (Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239