Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

LPIP UMP Bedah Khazanah Astronomi Islam Abad Pertengahan

Jauh sebelum pemikiran barat muncul, kajian mengenai astronomi sebenarnya sudah ada sejak dulu. Manusia telah terbiasa menggunakannya meski istilah astronomi belum muncul. Ketika itu astronomi banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia sebagai metode penentuan arah dan navigasi kapal layar menjelajah laut. Hal itulah yang diungkapkan oleh Ketua Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (LPIP UMP), Dr. Sriyanto, MPd terkait penyelenggaraan acara bedah buku “Khazanah Astronomi Islam Abad Pertengahan” karya Dr. Arwin Juli Rakhmadi Butar Butar di aula AK Anshori.

 

 

Sriyanto mengemukakan, bagi umat muslim astronomi banyak digunakan dalam keperluan ibadah. Hal itu dikarenakan astronomi terkait dengan ilmu falak yang mempelajari tata lintas pergerakan benda angkasa secara sistematis dan ilmiah untuk kepentingan manusia. Dalam ilmu tersebut dipelajari dengan detil tentang pergerakan bulan, bumi, matahari dan benda angkasa lain yang dapat menjelaskan penentuan waktu sholat, arah kiblat, awal bulan Qomariyah serta terjadinya gerhana. Oleh karenanya Sriyanto mendorong umat muslim agar lebih memperdalam Al Quran karena banyak ayat yang menjelaskan tentang alam semesta. “Lewat astronomi bisa menjadikan umat Islam  memahami penentuan waktu beribadah di dalam maupun di luar negeri terkait masih adanya perbedaan pendapat tentang hari besar umat Islam seperti awal puasa, hari raya idul fitri 1 syawal dan hari raya idul adha 10 Dzulhijah,” kata Sriyanto    

 

Terkait bedah buku, LPIP mendatangkan pembedah dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Prof. H. Syamsul Anwar, MA yang juga menjadi salah satu wakil Indonensia dalam kongres kalender Islam internasional di Turki. Syamsul menjelaskan secara mendalam mulai dari profil Dr. Arwin Juli Rakhmadi Butar Butar yang merupakan dosen Universitas Muhamadiyah Sumatera, menyelesaikan program doktoralnya di Institute of Arab Research and Studies (IARS), hingga pemikirannya dalam buku tersebut. Syamsul menerangkan, astronomi merupakan sains eksakta tertua yang terus dipelajari sampai hari ini. Aspek keunikan ilmu ini terletak pada keterkaitannya dengan syariat islam. “Kualitas dan akurasi beberapa ibadah umat muslim kerap ditentukan oleh peran dan interpretasi ilmu ini,” terangnya.

 

Sementara itu, Arwin dalam paparannya mengisahkan, salah satu faktor kemajuan astronomi Islam abad pertengahan karena adanya interaksi dengan khazanah luar khususnya India, Persia dan Yunani. Interaksi itu melahirkan sumbangan penting bagi astronomi Islam yaitu observatorium, ilmu mikat, tabel astronomi dan instrumen astronomi. “Sejarah mencatat, keungggulan peradaban Islam di bidang astronomi sungguh menakjubkan dan nyaris tak tertandingi oleh bangsa lainnya,” pungkasnya. Arwin meyakinkan, pencarian dan pencapaian astronom muslim dalam ilmu astronomi merupakan manifestasi pandangan tauhid. Di akhir diskusi, Arwin menjelaskan tujuan pembuatan buku ini yang sifatnya menggali tradisi, inovasi, dan kontribusi peradaban Islam di bidang astronomi. “Buku ini menggunakan pendekatan deskripsi-histori, ibarat ensiklopedia yang menyediakan informasi tentang astronomi Islam abad pertengahan, isi buku ini menjadi penghubung antara astronomi masa lalu dan masa kini” tambahnya. Arwin berharap melalui buku ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk umat., menambah khazanah literatur astronomi khususnya dalam bidang sejarah dan pemikiran yang yang terbilang masih langka di Indonesia.

 

 

Terpisah, Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH menuturkan, ilmu falak memberikan sumbangsih yang besar dalam peradaban masyarakat. Salah satunya adalah sistem penanggalan. Apalagi terkait rencana pembuatan kalender Islam bertarap internasional di Istanbul, Turki yang sudah dibahas oleh pakar dan ulama internasional tahun kemarin, maka sangat diperlukan ilmu-ilmu yang kaitannya dengan astronomi sehingga awal Hijriah dan 10 Dzulhijah bisa dipertanggungjawabkan. “Sehingga dapat menyatu hari-hari perayaan umat islam khususnya di Indonesia. UMP melalui visi nya yaitu unggul, modern dan islami akan terus berupaya menggunakan teori dan teknologi yang sudah berkembang pesat, sesuai dengan Al Quran dan hadis,” terangnya. (Bgn/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239