Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Mantap! Fakultas Sastra UMP Raih Akreditasi B

Kabar baik kembali diterima oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Jika sebelumnya kabar tersebut datang dari fakultas hukum, kali ini giliran fakultas sastra yang berhasil memperoleh skor 351 pada akreditasi BAN-PT yang telah dilakukan beberapa waktu lalu. Skor tersebut juga yang mengantarkan fakultas sastra berhasil terakreditasi B seiring dengan diterbitkannya Surat Keputusan No.0179/SK/BAN-PT/AKRED/S/I/2017. Dekan Fakultas Sastra, Ambar Pujiyatno, SS., M.Hum menuturkan penilaian BAN PT mencakup 7 standar kompetensi yang telah dipenuhi dengan baik.

 

Selain 7 kompetensi yang telah terpenuhi, Ambar juga memastikan fakultas sastra memiliki program unggulan. Program terbarunya sedang mempersiapkan penerjemah yang resmi dan bersertifikasi. Nantinya program ini akan membuat civitas akademika lebih terakui.  Selain itu, peningkatan akreditasi ini juga tidak terlepas dari kerjasama tim yang solid. Beberapa hal yang ditekankan oleh Ambar adalah adanya jalinan komunikasi pimpinan dan karyawan dengan baik, kehadiran dosen di perkuliahan, keaktifan dosen dalam pengabdian masyarakat serta keikutsertaannya dalam seminar internasional. Menurut Ambar beberapa hal tersebut juga menjadi nilai tambah bagi BAN PT. Khusus mengenai seminar internasional, fakultas sastra memberikan fasilitas yang lebih bagi dosen, "Kami fasilitasi dosen untuk ikut seminar internasional maksimal 2 kali setiap tahun," paparnya.

 

Berkaitan dengan forum ilmiah, fakultas sastra juga senantiasa aktif menyelenggarakannya. Khususnya terkait dengan isu terbaru dalam ranah sastra Inggris.  “Terdekat kita akan mengadakan seminar nasional yang berkaitan dengan kebudayaan. Rencana bulan Mei mendatang. Di tahun depan kita juga menargetkan bisa menjadi tuan rumah acara International Conference on Teaching English as Foreign Language (COTEFL),” terangnya.

 

Wakil Rektor Bidang Akademik, Anjar Nugroho, SAg, MSI, MHI menyambut baik pencapaian ini. Dalam periode kepemimpinannya, Anjar memang mendorong dan memberikan kemudahan fasilitas bagi semua program studi yang ada di UMP untuk dapat meningkatkan mutu akademiknya. Hal ini dilakukan Anjar juga untuk mencapai target akreditasi universitas menjadi A dalam beberapa tahun ke depan.  “Salah satu ukuran kualitas institusi pendidikan adalah akreditasi, oleh karenanya hal ini harus menjadi perhatian bersama demi kemajuan universitas,” pungkasnya. (Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239