Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

FEB UMP Dorong Pariwisata Untuk Kemandirian Ekonomi Bangsa

Kaji kondisi pariwisata di Indonesia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP FEB) adakan seminar nasional bertajuk pariwisata untuk kemandirian ekonomi bangsa, (04/02). Acara yang diikuti lebih dari 280 mahasiswa UMP dan anggota Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia (ISMEI) ini mendatangkan Fungsional Diplomat Utama Kementerian Luar Negeri RI, Pramono Adiyanto, Wakil Bupati Wonosobo, H. Agus Subagiyo, MSi, dan Dinas Pariwisata Banyumas, Saptono Suprianto.

 

Dekan FEB, Akhmad Darmawan, SE, MSi, mengatakan, ada salah satu ciri dari negara maju yaitu industri bidang jasa memberikan kontribusi yang dominan terhadap pembangunan ekonominya. Industri jasa tersebut bermacam-macam, mulai dari pariwisata hingga konsumsi. Saat ini, di Indonesia yang paling dominan masih pada sektor konsumsi. Oleh karenanya Darmawan mendorong kepada mahasiswa agar dapat bersama-sama mengggalakkan industri jasa bidang pariwisata di daerahnya masing-masing. “Negeri ini akan maju jika kita bisa menggerakkan bidang pariwisata. Ribuan pulau dan hutan di Indonesia kini pengelolaannya belum optimal. Kita harus mendorong kemajuan industri ini,” pungkasnya.

 

Senada dengan Darmawan, Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH, berharap, “Kemandirian bangsa dapat diprediksi dengan baik oleh mahasiswa, terutama di sektor wisata,” jelasnya. Rektor meyakini, keberadaan mahasiswa dengan ide dan gagasannya di bidang pariwisata dapat memberikan dampak besar bagi kemajuan bangsa. Pengalaman Syamsuhadi yang telah banyak mengunjungi berbagai daerah di Indonesia telah membuka matanya bahwa potensi kekayaan pariwisata di Indonesia sangat besar, tidak kalah dengan negara lain. Ia meyakini, potensi tersebut jika dikelola dengan baik mampu mendorong roda perekonomian nasional. Selain itu, Syamsu juga berharap pemerintah dapat memberikan perhatian lebih intens terhadap beberapa daerah destinasi wisata yang belum terjamah dengan baik. Menurutnya, pengelolaan destinasi wisata yang tepat juga dapat mendorong pertumbuhan roda perekonomian di daerah sekitar area wisata tersebut. Eksesnya, hal ini bisa mempertahankan kemandirian ekonomi bangsa. (Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239