Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

PBSI Gelar Lomba Akting dan Puisi se-Jateng

Kepedulian Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (PBSI FKIP UMP) untuk mendukung gerakan cinta bahasa sangat besar. Hal itu diwujudkan, salah satunya, dalam bentuk penyelenggaraan lomba akting dan baca puisi se Jawa Tengah untuk SMA/SMK sederajat, beberapa waktu lalu. Lomba ini merupakan apresiasi PBSI UMP terhadap keberadaan mata pelajaran dan program ekstra kurikuler baca puisi serta seni peran yang sampai saat ini masih bisa ditemui di sekolah.

 

Wakil Dekan 3 FKIP, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dra. Eko Israhayu, MHum mengungkapkan, melalui seni peran dan baca puisi, gerakan cinta bahasa dan sastra Indonesia dapat terpelihara dengan baik. Eko Israhayu ingin siswa Indonesia dapat mempertahankan bahasa dan sastra Indonesia, tatanan bahasa Indonesia jangan sampai rusak oleh perkembangan globalisasi. Eko Israhayu mengapresiasi antusiasme siswa yang telah mengikuti kompetisi ini. “Kegitan bersastra adalah kegiatan yang bisa memanusiakan manusia. Semoga acara ini bisa menginspirasi, mengajak dan mendorong pelajar agar lebih mencintai bahasa dan sastra Indonesia,” tuturnya.

 

Di akhir kompetisi muncul sejumlah nama yang menjadi juara. Untuk lomba akting, predikat pertama diraih Sara dan Vena dari SMA N 3 Purworejo, kemudian predikat kedua oleh Rachel Gabriela H dan Nurlita Faizah dari SMA N 3 Purwokerto, dan dua siswa lain dari SMA N 3 Purwokerto yaitu Dea Rahmadani dan Ayu Rosa dari SMA N 3 Purwokerto berhasil menempati posisi ketiga. Sedangkan untuk juara lomba baca puisi, posisi pertama diperoleh Muhammad Baghiz Aromrom dari SMA N 1 Purwokerto, posisi kedua ditempati siswi dari SMA N 1 Randudongkal, Ika Ismawati dan urutan ketiga disabet oleh Titin Prihatini dari SMA Wangon. Untuk kategori ini juga terdapat juara harapan 1 dan juara harapan 2 yang masing-masing diraih oleh Rr. Kingkin Maharani dari SMA 5 Purwokerto, dan Vida Dwi Pringgani dari SMA N 1 Bukateja. Dosen PBSI UMP, Shoni Asmoro, SPd mengatakan, rencananya, ke depan, lomba ini tidak hanya melibatkan SMA tetapi juga SD dan SMP. Selain itu, kategori lombanya akan ditambah menjadi beberapa kriteria. (Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239