Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Tidak Terpengaruh Kebijakan Trump, UMP Teken MoU Dengan Amerika

Kebijakan Presiden Donald Trump untuk melarang penduduk dari 7 negara muslim masuk United States of America (USA), tidak memberikan dampak yang berarti bagi Indonesia. Salah satu buktinya, di bidang pendidikan, 2 perguruan tinggi asal kedua negara tersebut baru saja meneken Memorandum of Understanding di Jakarta, beberapa hari lalu. Keduanya adalah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Indonesia dan Islamic University of Minnesota, USA. Delegasi UMP diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan, Kerjasama dan AIK, Dr. Ns. Jebul Suroso, MKep dan Ketua Kantor Urusan Internasional, Santhy Hawanti, PhD.

 

Jebul menjelaskan, kerjasama ini akan memuat beberapa poin terkait kegiatan akademik yang mengimplementasikan tri darma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian. Jebul mencontohkan, di bidang pendidikan, nantinya akan ada pertukaran mahasiswa, staf, tenaga pengajar dan penyelenggaraan forum ilmiah. Di bidang penelitian akan terbangun sejumlah riset bersama untuk mencapai beberapa keunggulan yang menjadi target kedua pihak. Sedangkan di bidang pengabdian, “Kita akan membangun format kegiatan masyarakat yang melibatkan dua pihak dan memberikan manfaat bersama,” terangnya. Sebagai catatan, di bawah kepemimpinan Jebul, sampai saat ini UMP telah berhasil menjalin kerjasama dengan 41 perguruan tinggi di luar negeri. Adapun kerjasama dengan perguruan tinggi Islamic University of Minnesota ini merupakan salah satu terobosan yang baik bagi UMP. “Keberadaan perguruan tinggi USA sangat strategis bagi semangat internasionalisasi yang sedang kita targetkan,” katanya.

 

Selain kegiatan akademik, Jebul meyakinkan, ada pesan yang juga ingin disampaikan melalui kerjasama ini, yaitu, UMP ingin ikut serta mengambil kontribusi positif membina hubungan baik dengan USA. “Pemberitaan media yang sedang hangat tentang isu pelarangan muslim masuk Amerika, tidak mempengaruhi peluang kerjasama pendidikan di antara kedua negara. Kita tetap bisa saling bertukar pengetahuan dan wawasan kependidikan demi kemajuan bersama,” tuturnya. Selain itu Jebul juga memastikan, UMP mendukung keberadaan umat muslim di USA. (Pra)

 

 

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239