Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Mahasiswa FH UMP Kunjungi MK

Mantapkan wawasan mahasiswa terhadap lembaga negara, Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FH UMP) adakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke kantor Mahkamah Konstitusi dan Komisi Yudisial Republik Indonesia, Jakarta, Ahad lalu. Dosen pembimbing KKL, Bayu Setiawan, MH mengatakan, kunjungan ini merupakan realisasi dari mata kuliah hukum acara pidana, perdata dan Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang diikuti oleh mahasiswa semester V dan VII.

 

Kunjungan ini juga sebagai bentuk implementasi MoU yang telah di teken sekitar enam bulan lalu. Selain kunjungan, mahasiswa FH UMP juga mendapatkan kuliah umum dari kedua lembaga negara tersebut. Mahasiswa nampak begitu antusias mengikuti paparan materi, khususnya yang berkaitan dengan tentang tata cara persidangan, tugas, kewenangan dan penyelesaian perkara.

 

 

Bayu mengungkapkan, mereka yang kuliah di UMP tidak hanya mendapatkan teori di bangku kelas saja tetapi juga praktek langsung yang berkaitan dengan mata kuliahnya. Melalui kunjungan ini, “mahasiswa FH UMP bisa memiliki wawasan kebangsaan yang luas, khususnya tentang fungsi dan peran dari lembaga negara yang bergerak di bidang hukum,” katanya. Bayu merencanakan, tahun depan kegiatan ini seperti ini akan rutin dilakukan. Hal itu semata-mata dilakukan untuk membuka wawasan mahasiswa tentang perkembangan terkini dari lembaga peradilan nasional. Selain KKL, FH UMP juga senantiasa mengadakan forum ilmiah yang mengkaji berbagai problematika hukum di Indonesia dengan mendatangkan berbagai pakar di bidangnya masing-masing. (Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239