Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

UMP Sosialisasikan Serdos

Sosialisasikan sertifikasi dosen (serdos), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kumpulkan puluhan dosen dari berbagai program studi di ruang sidang kantor pusat, UMP.  Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Drs. Joko Purwanto, Msi, mengatakan melalui sosialisasi ini, UMP ingin memaparkan berbagai hal terkait serdos yang harus diketahui oleh dosen. Joko menerangkan, ada beberapa hal yang menjadi tujuan serdos yaitu meningkatkan profesionalisme, mewujudkan pendidikan nasional, melindungi profesi, membangun kesadaran dosen terhadap kejujuran dan etika akademik yang berkaitan dengan larangan plagiasi.

 

Sosialisasi ini lebih banyak melibatkan sejumlah dosen muda yang memiliki potensi besar. Joko ingin dengan adanya fasilitas serdos sebagai salah satu upaya pemerintah memajukan pendidikan di Indonesia, dosen muda UMP dapat lebih meningkatkan kompetensinya sebagai tenaga pendidikan. Ada beberapa syarat yang harus dimiliki oleh calon pendaftar serdos yaitu terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-DIKTI), kualifikasi akademik sekurang-kurangnya S2/setara, memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) atau Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK), tercatat sebagai dosen aktif, tugas belajar, atau ijin belajar, memiliki jabatan sekurang-kurangnya asisten ahli, dan melaksanakan tri darma perguruan tinggi. 

 

Joko memastikan, proses serifikasi nantinya menjadi ukuran profesionalisme dosen yang didukung dengan tunjangan profesi. Oleh karena itu kinerjanya harus lebih baik lagi. Joko juga mengingatkan, “Jangan sampai terjadi plagiasi pembuatan portofolio, mengingat tahun 2016 banyak yang tidak lolos sertifikasi dosen karena plagiasi di portofolio,” katanya. (Bgn/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239