Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Dongkrak Mutu Pendidikan, UMP Teken MoU dengan 7 Perguruan Tinggi

Dongkrak mutu pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) teken Memorandum of Understanding (MoU) dengan 7 perguruan tinggi di wilayah timur Indonesia, Selasa, pekan lalu, (17/1). UMP memahami bahwa salah satu yang menjadi indikator adanya peningkatan mutu pendidikan adalah perubahan akreditasi. Oleh karena itu, jika saat ini telah terakreditasi B, dalam waktu dekat, UMP menargetkan peraihan akreditasi A. Inilah yang ditekankan oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan, Kerjasama dan AIK, Dr. Ns. Jebul Suroso, MKep melalui perluasan kerjasama dengan berbagai institusi, UMP dapat semakin cepat meningkatkan grade-nya.

 

Dalam penandatanganan tersebut, Jebul bersama Wakil Rektor Bidang Akademik, Anjar Nugroho, SAg, MSI, MHI. Keduanya mewakili UMP untuk meneken MoU dengan 7 perguruan tinggi yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Akademi Komputer, Bahasa, dan Akuntansi (STMIK AKBA), Universitas Muslim Indonesia (UMI), Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI), Universitas Muhammadiyah Makasar, Universitas Islam Makasar (UIM), Universitas Al Asyariah Mandar (UNASMAN) dan Universitas Fajar Makasar (UNIFA).

 

Penandatanganan MoU juga berbarengan dengan persiapan UMP jelang berdirinya 4 program pasca sarjana. Kabar terakhir pembukaan S2 IPS dan PGSD di UMP telah disetujui oleh Direktorat Jenderal Kelembagaan IPTEK dan DIKTI. Jebul menerangkan, poin kerjasama akan memuat berbagai upaya yang mengarah pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pertukaran tenaga pendidik ataupun peningkatan skill bagi pengajar dan mahasiswa. “Pembangunan SDM yang berkualitas menjadi sasaran kerjasama ini. Singkatnya, implementasi tri dharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat) akan berjalan seiring dengan kualitas SDM yang memadai,” tuturnya. Jebul juga mendorong civitas akademika UMP agar senantiasa menyiapkan diri, misalnya, dengan meningkatkan jumlah riset unggulan yang berkelanjutan.

 

Senada dengan Jebul, Anjar memastikan, banyak pencapaian UMP yang menjadi perhatian perguruan tinggi lain untuk menjalin kerjasama dengan UMP. Misalnya pada aspek penelitian, UMP telah mendapatkan predikat klaster utama. Itu artinya kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang ada di UMP sudah memiliki sumber daya, manajemen, keluaran, aplikasi penelitian dan pengembangan yang cukup baik di masyarakat. Perlu diketahui, yang menjadi klaster utama di Indonesia tidak lebih dari 75 perguruan tinggi negeri maupun swasta.

 

Tidak hanya aspek penelitian dan pengembangan, peraihan prestasi juga ada di Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UPT Perpustakaan UMP) yang telah terakreditasi A. Kelengkapan buku yang didukung fasilitas memadai membuat perpustakaan UMP tidak pernah sepi pengunjung dan menjadi rujukan beberapa sekolah. Hal yang juga tidak kalah penting, beberapa fakultas di UMP telah berhasil meningkatkan akreditasinya.Terbaru, ada 2 fakultas yang telah naik grade menjadi akreditasi B yaitu fakultas hukum dan sastra. Anjar optimis, peningkatan akreditasi tersebut akan disusul fakultas lain karena UMP senantiasa meningkatkan kualitas, menjadi universitas yang unggul, modern dan Islami. (Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239