Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Mahasiswa UMP Dorong Masyarakat Tempuh Pendidikan Tinggi

Sabtu, pekan lalu, sekumpulan mahasiswa asal Purbalingga yang berkuliah di UMP bekerja sama dengan Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Purwokerto (PPMB UMP) promosikan UMP sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di wilayah Barlingmascakeb dan Jawa Tengah dalam acara Purbalingga Campus Fair, (PCF 2017). Acara yang diselenggarakan oleh Gerakan Mahasiswa Purbalingga (Gemalingga) yang berlangsung selama 2 hari ini diikuti oleh 22 perguruan tinggi dari berbagai wilayah di Indonesia.  

 

Menurut Ketua Bidang Pendidikan Gemalingga yang juga mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMP, Bangun Rizka Wijayanto, acara ini bukan hanya menitikberatkan pada promosi kampus tetapi juga mengkampanyekan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan tinggi sebagai salah satu modal untuk membangun bangsa. Selain itu, melalui acara ini, sekumpulan mahasiswa asal Purbalingga yang berkuliah di UMP ini ingin mengajak semua mahasiswa yang telah selesai menuntut ilmu untuk kembali lagi ke Purbalingga, membangun daerahnya. “Pesan ini juga yang terkandung dalam tema yang kita usung, Purbalingga is home. Target kita bukan hanya membangun kesadaran akan pendidikan tinggi tetapi juga kesadaran membangun daerah asal,” tuturnya.

 

Senada dengan Bangun, dalam sambutannya, Bupati Purbalingga, H. Tasdi, SH, MM mendorong pemuda Purbalingga untuk mengambil peran aktif dalam pembangunan daerahnya. “Ini merupakan aksi nyata yang dilaksanakan oleh pemuda untuk Purbalingga dari sisi pendidikan. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Purbalingga yang masih rendah dengan urutan ke 26 se-Jawa Tengah sangat membutuhkan peran pemuda yang berpendidikan tinggi untuk mendongkraknya,” kata Tasdi.

 

Terpisah, koordinator stand pameran UMP yang juga mahassiwa dari program studi pendidikan Matematika FKIP, Havid Sauma, menuturkan, ini merupakan acara yang tepat untuk mempromosikan UMP di Purbalingga. Havid ingin pemuda Purbalingga tidak perlu jauh-jauh menentukan perguruan tinggi pilihannya. Menurutnya, letak geografis UMP yang berada di Karesidenan Banyumas (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap) telah terbukti mempunyai andil besar dalam mencerdaskan sumber daya manusianya. UMP telah berhasil mencetak generasi sarjana berkualitas yang bermanfaat, sesuai dengan kebutuhan berbagai sektor pekerjaan di wilayah Purbalingga. “Melalui acara ini kita menjadi penghubung antara kampus dan masyarakat. Banyak informasi tentang UMP yang belum diketahui secara luas oleh masyarakat. Ini menjadi ajang promosi yang baik,” ujarnya.  Acara berjalan sukses, stand UMP tidak pernah sepi akan pengunjung. Bahkan beberapa di antaranya terlihat sangat antusias untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang UMP. (Bgn/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239