Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

FH UMP Terakreditasi B!

Perkembangan akreditasi institusi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) makin naik seiring adanya peningkatan akreditasi dari tiap fakultasnya. Terbaru, Fakultas Hukum (FH) berhasil raih akreditasi B. Peningkatan akreditasi itu ditandai dengan adanya surat BAN-PT nomor 2042/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2016 pada 29 September 2016.  FH UMP mendapatkan skor 332, dan telah berhasil memenuhi tujuh standar nilai yang ada yaitu, visi misi, tujuan dan sasaran pencapaian, tata pamong, sistem kepemimpinan dan penjaminan mutu, mahasiswa dan lulusan, SDM, kurikulum dan suasana akademik, serta penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

Peningkatan akreditasi menjadi kabar baik bagi segenap civitas akademika FH UMP. Wakil Dekan Bidang Akademik ,Astika Nurul Hidayah, SH, MH, mengatakan, FH UMP senantiasa memenuhi semua komponen penilaian yang berkaitan dengan akreditasi. Salah satu contohnya yang berkaitan dengan penilaian mahasiswa dan lulusan. FH UMP memastikan masa tunggu lulusan tidak terlalu lama sesuai dengan ketentuan sekitar 6 bulan dan tersebar tidak hanya di wilayah Barlingmascakeb. Selain itu, jumlah mahasiswa FH UMP yang mengalami peningkatan signifikan juga menjadi penilaian yang mendongkrak akreditasi, “dulu kami hanya menerima satu kelas kini tahun 2016 kami bisa menerima lebih dari 100 mahasiswa,” katanya.

 

Mengenai kurikulum dan sasaran akademik, FH UMP sudah terintegrasi dengan aspek keislaman yang komprehensif. Hal itu yang menjadi nilai lebih dari lulusan FH UMP. “Aspek keIslaman sangat penting di kurikulum kami karena juga terkait dengan hukum Islam, seperti hukum persyarikatan Islam, Hukum Ekonomi Syariah dan lainnya,” tuturnya. Begitu pula dengan sarana prasarana, FH UMP sudah memiliki gedung kuliah ber-AC, ruang peradilan semu, biro konsultasi hukum, area wifi dan perpustakaan.

 

Terpisah, Dekan FH UMP, Susilo Wardani, S.H, S.E, M.Hum, menuturkan, dari aspek kerjasama, FH UMP telah menjalin MoU dengan beberapa instansi tingkat regional hingga nasional. “Belum lama ini FH meneken MoU dengan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), dan Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia. Serta aktif dalam Forum Komunikasi Dekan Fakultas Hukum PTM se-Indonesia,” paparnya. Susi meyakinkan, ke depan, FH UMP akan mengembangkan cakupan kerjasamanya, “Kami sedang mengusahakan adanya kerjasama dalam cakupan internasional, semoga dalam waktu dekat ini dapat terlaksana,” kata Susi.

 

Tidak kalah pentingnya juga aspek SDM, Susi meyakinkan semua tenaga pengajar di FH UMP ikut serta dalam asosiasi sesuai bidang keahlian masing-masing. Hal itu dilakukan agar segala informasi terbaru di bidang hukum tidak tertinggal. Informasi terbaru itu yang nantinya akan menambah khasanah keilmuan mahasiswa. Selain itu, tiap semesternya, FH UMP juga rutin mengadakan forum ilmiah yang mendatangkan praktisi maupun akademisi. Jadi, FH UMP senantiasa membenahi diri, mendukung percepatan akreditasi institusi. Susi memastikan, semua pencapaian tidak membuat FH UMP lengah, “Justru kita akan lebih mempersiapkan diri lagi untuk bisa meraih akreditasi A,” pungkasnya. (Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239