Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

SUCCESS Training : Siapkan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja!

Siapkan calon sarjana, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) adakan Spiritual Upgreding & Career Competencies Empowerment by Softskills (SUCCESS). Ini merupakan kegiatan wajib jelang wisuda bagi mahasiswa UMP. Di periode Januari ini SUCCESS diikuti oleh 850 mahasiswa yang akan dibagi dalam beberapa gelombang, tiap gelombangnya berjumlah 150 orang.

 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ir. Aman Suyadi, MP menjelaskan, SUCCESS adalah training terakhir setelah rangkaian BEST dan Smart yang diberikan UMP untuk mahasiswa. SUCCESS sendiri menintikberatkan pada mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. “Dari beberapa penelitian, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ternyata nomor sekian untuk meraih sukses masa depan. Oleh karena itu softskill menjadi nilai penting bagi kesuksesan mahasiswa,” katanya. Melalui SUCCESS training inilah UMP ingin melengkapi kompetensi lulusan dengan kemampuan softskill memadai. Kemampuan inilah yang menjadi pembeda dibandingkan lulusan perguruan tinggi lainnya.

 

Selain itu, Aman memastikan bahwa UMP tidak hanya meluluskan mahasiswa dengan bekal akademis tetapi juga kemampuan lain seperti membaca Quran, public speaking dan leadership. “Hal tersebut membantu lulusan untuk mendapatkan kerja. Tercatat, waktu masa tunggu lulusan UMP mendapatkan pekerjaan dari setelah lulus, rata-rata 3 bulan,” ungkapnya.  SUCCESS di tahun ini juga berbeda dengan tahun sebelumnya, bagi mahasiswa yang sedang atau akan mengerjakan skripsi boleh mengikutinya. Hal ini dilakukan Aman agar memberikan motivasi dan evaluasi belajar mahasiswa. “Setelah lulus, mereka akan mempunyai mental siap bertarung dengan lulusan perguruan tinggi lain. Dan mereka memiliki kompetensi yang tidak bisa diragukan lagi,” tegasnya.

 

Terpisah, Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH mendorong mahasiswa agar dapat mengambil manfaat dari semua kegiatan yang dilakukan UMP. Semua kegiatan tersebut telah disusun dengan baik agar dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa, salah satunya adalah SUCCESS. Di kesempatan ini, rektor juga menginformasikan bahwa UMP sedang mempersiapkan pembukaan 4 program studi baru yaitu magister program studi bahasa Inggris, PGSD, manajemen dan IPS.  Penambahan prodi S2 tersebut dilakukan oleh UMP karena tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat akan studi lanjut. Rektor mengatakan agar lulusan UMP yang ingin studi lanjut dapat tetap kuliah di UMP.  Melihat perkembangan UMP yang semakin besar, rektor juga berharap nantinya bisa membuka program S3. “Kini UMP sudah memiliki 2 profesor. Jika UMP sudah memiliki 6 profesor, rancangan prodi untuk program S3 insya Allah akan segera dibuat, tuturnya. (Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239