Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Pentaskan Dramaturgi, PBSI Asah Keterampilan Seni Mahasiswanya

Aplikasikan teori di kelas, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (PBSI FKIP UMP) gelar pementasan teater (11/1). Pementasan ini merupakan salah satu mata kuliah wajib, dramaturgi, yang berjumlah 2 SKS dengan melibatkan seluruh mahasiswa semester 7 angkatan 2013. Menurut dosen pengampu mata kuliah tersebut, Sony Asmoro S.Pd, dramaturgi membahas penciptaan teater mulai dari penulisan naskah hingga pementasannya. Sony berharap, sebanyak 110 mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dapat lebih mengembangkan keterampilannya di bidang kesenian. 

 

 

Sony juga mengatakan, persaingan menjadi guru semakin ketat, hal itu ditandai dengan makin banyaknya lulusan PBSI dari kampus lain. Oleh karenanya, mahasiswa UMP harus ada nilai lain yang bisa diunggulkan yaitu peningkatan softskill. “Salah satu upaya kami untuk menambah keterampilan menjadi guru bahasa dan sastra Indonesia yaitu mempunyai keterampilan lebih dalam berteater, membaca puisi, dan terlibat kesenian lain,” ujarnya.

 

 

Pementasan dramaturgi ini dilaksanakan selama 3 hari, menampilkan 40 pementasan. Dengan estimasti per-harinya sekitar 13 kelompok, masing-masing kelompok berjumlah 3 mahasiswa. Dosen akan menilai tiap mahasiswa yang akan beradu kelihaian satu sama lain baik dari segi isi ataupun tampilannya. Isi pementasannya beragam, namun kebanyakan berupa kritik sosial dalam kehidupan bermasyarakat yang disajikan dengan komedi. Sony mengatakan, salah satu indikator penilaian dalam pementasan dramaturgi adalah mendengar seberapa banyak gelak tawa penonton.

 

 

Ketua Tim Produksi dramaturgi Ahmad Sofia Rabbani mengatakan pementasan ini mengangkat tema gepyok geger. Dua kata ini mempunyai filosofi tersendiri yaitu gepyok dari bahasa jawa yang artinya memanen dan geger dalam bahasa jawa berarti panik. Pemilihan tema tersebut sesuai dengan gambaran perkuliahan mahasiswa semester 7 yang sedang mengambil banyak sekali mata kuliah penting dan menyita waktu, seperti, penelitian, Kuliah Kerja Nyata (KKN), dramaturgi dan mata kuliah lain. Dijelaskan oleh Ahmad, mahasiswa PBSI tersebut bisa dikatakan selayaknya memanen dengan kondisi panik atau penuh tekanan.

 

 

Selain itu, Ahmad juga mengungkapkan, pementasan ini tidak sebatas aplikasi materi di kelas tetapi juga ajang silaturahmi. "Disamping kegiatan kuliah dan tugas yang menumpuk, kami juga berharap dapat melaksanakan kegiatan dramaturgi dengan rasa optimis dan saling menjaga, menguatkan angkatan kami,” tuturnya. (Bgn/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239