Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

UPT Perpustakaan UMP Tanamkan Budaya Literasi Sejak Dini

Lunturnya budaya membaca menjadi ancaman serius bagi generasi masa depan Indonesia, salah satu tandanya adalah semakin jauhnya anak muda dari perpustakaan. Hal inilah yang mendorong Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) untuk senantiasa menanamkan budaya literasi sejak dini. Salah satu kegiatan yang dilakukannya adalah mengundang siswa untuk mengunjungi perpustakaan.

 

 

Terbaru, pekan lalu, UPT Perpustakaan UMP adakan Outing Class bagi siswa kelas 5 SD UMP. Kepala UPT Perpustakaan, Purwati, S.I.Kom mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya perpustakaan untuk mengajak anak gemar membaca dan mengenal perpustakaan. Tim perpustakaan sendiri telah menyiapkan rancangan acara yang menarik, sesuai dengan pengunjungnya. “Kita bangun suasana ceria yang membuat mereka betah di perpustakaan. Selain itu, pelayanan ramah kita kedepankan, dan agar lebih menarik lagi tim juga membuat permainan dengan door prize,” kata Purwati.   

 

 

Respon anak-anak sangat baik terhadap kegiatan ini. Tidak sedikit di antara mereka yang bertanya tentang sejumlah tema buku tertentu. Banyak juga diantara mereka yang membaca buku dengan seksama. Di akhir kegiatan, tim meminta mereka untuk menceritakan kembali isi buku yang telah di baca. Beberapa di antaranya saling berebut untuk memaparkan hasil bacaannya. Mereka juga menjadi tidak segan untuk berbicara di depan umum.

 

 

Melihat keaktifan anak-anak di perpustakaan, Purwati sangat senang. Perpustakaan menjadi tempat yang tidak asing lagi bagi anak-anak. “Perpustakan senantiasa menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Kini, di perpustakaan tidak hanya menyediakan koleksi buku namun juga layanan berbasis digital, ruang baca yang luas dan nyaman, serta internet yang memadai,” paparnya. Purwati meyakini, perpustakaan UMP memiliki fasilitas yang sangat memadai, hal itu dibuktikan dengan sudah terakreditasi A perpustakaan UMP oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (Ulv/Pra)

 

 

 

 

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239