Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

UPT Perpustakaan UMP Terakreditasi A!

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) akhirnya bisa bernafas lega setelah berhasil raih akreditasi A dalam visitasi akreditasi yang telah berlangsung pekan lalu. Visitasi dilakukan oleh tim asesor dari Perpustakaan Nasional RI yang terdiri dari Kepala Bidang Perpustakaan Sekolah dan Perguruan Tinggi Drs. Nurcahyono, SS,MSi, Dra. Zurniati Nasrul, MLS dan Sri Rizki Pudji Lestari, S. Sos. Kepala UPT Perpustakaan UMP, Purwati S.I.Kom mengatakan, ada 9 komponen yang harus dipenuhi yaitu pelayanan, koleksi, manajemen, SDM, kerjasama serta syarat-syarat lain dilengkapi. “Alhamdulillah dari semua komponen tersebut, kita sudah memenuhinya,” kata Purwati.

 

Selain itu, Purwati juga menjelaskan, perpustakaan harus mempunyai kegiatan promosi minimal 8 kali setiap tahunnya. Kemudian setiap Program Studi (Prodi) harus memiliki minimal 4 jurnal tiap 3 tahun sekali. Berbagai syarat tersebut justru membuat tim UPT Perpustakaan UMP makin giat melakukan persiapan dan pembenahan. “Hal itu bisa memakan waktu hingga satu tahun, namun berkat konsistensi dan kekompakan tim, harapan kami bisa terwujud” jelasnya. 

 

Benar memang UPT Perpustakaan UMP senantiasa membenahi diri. Hal ini bisa dirasakan langsung oleh mahasiswanya. Seperti diungkapkan oleh Bangun Rizka Wijayanto, mahasiswa PBSI  ini mengakui, layanannya makin baik dengan penambahan fasilitas yang lengkap. Ada beberapa  keunggulan dari UPT Perpustakaan UMP yaitu user education dan E-jurnal. Khusus E-jurnal, UPT Perpustakaan akan terus meningkatkannya. “Hal ini dilakukan karena kebutuhan mahasiswa akan jurnal terus meningkat. Serta jurnal juga menjadi salah satu syarat referensi mahasiswa untuk menulis skripsi atau tugas akhirnya, “ kata Purwati.

 

 

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Anjar Nugroho SAg, MSI, MHI memberikan apresiasi bagi tim UPT Perpustakaan UMP yang telah memberikan kinerja baik sehingga memberikan hasil yang juga baik. Dengan terakreditasi A maka UPT Perpustakaan turut serta menciptakan iklim akademik yang baik bagi civitas akademika UMP. Merespon hal tersebut, Purwati memastikan, “Akreditasi ini merupakan nilai yang harus bisa membuat pelayanan kami semakin maksimal. Ini menjadi tanggung jawab kami terhadap maksyarakat terutama warga kampus,” tuturnya. (Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239