Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

FKIP UMP Canangkan PPL Internasional

Mantapkan internasionalisasi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) rencanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional, pekan lalu. Program yang juga difasilitasi oleh Kantor Urusan Internasional (KUI) ini nantinya akan melibatkan semua mahasiswa FKIP yang akan diseleksi menjadi 16 orang untuk diberangkatkan ke Malaysia, Februari tahun 2017 mendatang. Rencananya program PPL internasional ini akan berlangsung selama satu bulan.

 

Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Santhy Hawanti, PhD mengungkapkan, perekrutan peserta dilakukan dengan pendaftaran terbuka melalui Program Studi (Prodi) masing-masing. Perwakilan juga bisa diusulkan oleh program studi masing-masing unutk kemudian harus mengikuti beberapa tahapan seleksi, seperti tes wawancara dan membuat esay. Melalui seleksi harapannya akan diketahui kemampuan, keseriusan dan kesiapan peserta. “Selain  itu kemampuan berbahasa asinga menjadi pertimbangan utama lolos seleksi,” kata Santhy.

 

Lebih lanjut Santhy menjelaskan, setelah lolos selesk, nantinya peserta akan disebar ke sekolah-sekolah mitra di Malaysia. Dalam hal ini sekolah mitra dari University Teknologi Malaysia (UTM) yang sebelumnya telah menjalin kerjasama dengan UMP. Santhy  menghimbau mahasiswa  ketika di Malaysia nanti bisa menyesuaikan diri dan menjaga nama baik almamater.

 

Sementara itu, Koordinator PPL Internasional Pratik Hari Yuwono, S.Sn, M.A memastikan melalui PPL ini mahasiswa UMP akan mendapatkan wawasan baru terkait komparasi pendidikan di Indonesia dan Malaysia. PPL Interenasional ini merupakan terobosan terbaru FKIP UMP untuk meningkatkan kompetensi internasional mahasiswa. Praktik meungkapkan, kemungkinan program seperti ini akan berlanjut pada tahun berikutnya di negara yang berbeda. (Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239