Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

FEB UMP Rencanakan Pendirian Minimarket 212

Aktifitas perekonomian berbasis umat menjadi salah satu cita-cita PP Muhammadiyah dan Aisiyah untuk menebarkan amar ma’ruf nahi mungkar di masyarakat. Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sebagai salah satu Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) sudah tentu mendukung hal tersebut. Pekan lalu, melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis (UMP), UMP berupaya membangkitkan ekonomi umat dengan menyelenggarakan acara enterpreneur creative project (ECP).

 

Sejak kewirausahaan dimasukkan sebagai salah satu mata kuliah wajib, FEB memiliki komitmen tinggi untuk menghasilkan lulusan yang berjiwa entrepreneur, sesuai dengan cita-cita Muhammadiyah dan berperan aktif dalam perekonomian umat. Dalam pelaksanaannya, Mahasiswa FEB mengikuti kuliah kewirausahaan tidak hanya sebatas teori di kelas tetapi juga praktek lapangan. Seperti dalam acara ECP kali ini yang merupakan implementasi dari mata kuliah proyek kewirausahaan 1, yaitu event organizer. Dengan target capaian kompetensi dari mata kuliah kewirausahaan 1 yaitu membuat mahasiswa semester 1 FEB UMP mampu menyelenggarakan event, memiliki kemampuan negosiasi dengan sponsor dan memahami administrasi surat menyurat.

 

 

Dekan FEB, Akhmad Darmawan, SE, MSi mengungkapkan, tidak lama lagi UMP akan mendirikan Minimarket 212. Proyek waralaba ini terinspirasi dari Muslim 212 Mart dan melibatkan semua masyarakat muslim. Mereka yang bergabung nantinya berhak mempunyai saham. Mereka secara tidak langsung bisa menjadi distributor dan produsen sekaligus. “Bersumber dari umat, oleh umat dan untuk umat. “Insya Allah UMP yang pertama menerapkan minimarket 212 di Jawa Tengah,” katanya ketika membuka acara ECP bertajuk muda berkelas. Ada 32 event dalam acara ECP ini, terdiri dari pameran ekonomi kreatif lokal, fashion show, kuliner, hingga berbagai macam kompetisi lain. Acara ini akan berlangsung selama 3 hari di auditorium ukhuwah islmaiyah berkaitan dengan ekonomi kreatif lokal.



Terpisah, Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, SH., MH, sangat mengapresiasi gagasan tersebut. “Saya yakin FEB punya strategi untuk membangun dan meningkatkan ekonomi umat,” katanya. Selain itu, rektor ingin mini market 212 juga nantinya bisa menjadi salah satu kegiatan pendukung mahasiswa FEB untuk belajar berinvestasi. (Ulv/Pra)

 

 

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239