Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Dekan : FIKES UMP Akan Buka 5 Prodi Baru!

FIKES UMP akan buka 5 prodi baru! Hal ini dikemukakan oleh Dekan FIKES UMP (Fakulats Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Drs. Ikhsan Mujahid, M.Si dalam acara sumpah profesi ners angkatan ke X dan IX di auditorium ukhuwah Islamiyah, (3/12). 5 prodi tersebut adalah D3 teknik kardiovaskular, D3 teknik radio diagnostik dan radio terapi, D3 keperawatan anastesi, D4 rekam medis dan D4 teknik elektro medik. Di hadapan Pengurus Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), stakeholder Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara dan Cilacap, Ikhsan memastikan bahwa FIKES UMP memiliki potensi besar untuk bsia menjadi terbaik 1 di regional Jawa Tengah. Selain karena telah terakreditasi B oleh LAM-PTKes dan jejaring internasionalnya yang luas, FIKES UMP telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Ujian Kompetensi (UKOM).

  

Ikhsan juga mendorong 111 lulusan ners untuk senantiasa meningkatkan kompetensi dirinya, terutama kemampuan bahasa asing, Inggris. Menurutnya, hal ini dikarenakan tenaga keperawatan Indonesia sangat dibutuhkan dalam pasar internasional. "Jepang sedang membutuhkan 15 ribu perawat Indonesia. Sampai saat ini, baru sekitar 5 ribu yang terpenuhi. Masih 10 ribu lebih yang dibutuhkan. Asah kemampuan kalian, tidak hanya kompetensi tapi juga bahasa Inggris," pungkasnya. Ikhsan juga mengatakan bahwa pintu FIKES UMP senantiasa terbuka untuk alumni ners UMP yang ingin memilih karir sebagai dosen. “Selain 2 posisi untuk alumni umum, tahun ini kami membuka 2 posisi khusus alumni ners UMP,” tuturnya.

 

Terpisah, Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH memastikan, UMP telah memiliki iklim pendidikan yang sangat baik untuk mendorong terciptanya generasi unggul, modern dan Islami. Iklim itu dibangun oleh UMP untuk menjawab tantangan ke depan bagi ners yang cukup berat, yaitu adanya tuntutan agar ners bisa menjadi agen perubahan. Rektor memastikan, ners lulusan UMP mampu menjawab hal itu. Selain mutu asuhan keperawatan yang sudah mumpuni, Ners UMP mampu memantapkan kompetensinya sebagai mitra kerja dokter yang handal.

 

Di akhir sambutannya, rektor ingin ners UMP tidak meninggalkan prinsip dasar kemanusiaan, pelayanan, keselamatan, otonomi dan keadilan. “Hormati peraturan perundangan yang berlaku dalam menjalankan tugas kemanusiaan dan melayani pasien. Jaga nama baik almamater dengan baik,“ kata rektor.

 

Ada hal yang juga istimewa dalam sumpah profesi kali ini, yaitu adanya lulusan terbaik yang IPKnya mampu mencapai angka 4,00. Wakil Dekan Bidang Akademik FIKES UMP, Ns. Endiyono, M.Kep menuturkan ini adalah capaian yang luar biasa dari mahasiswa FIKES UMP. IPK ini menorehkan catatan emas bagi FIKES UMP di tahun ini. Capaian IPK 4,00 itu diraih oleh Ns. Tina Muzaenah, S. Kep, yang kemudian disusul oleh 2 lulusan terbaik lainnya yaitu Ns. Anti Haryanti, S. Kep dengan IPK 3,96 dan Ns. Wahyu Nur Fitriani, S. Kep dengan IPK 3,92. Ketiganya mewakili lulusan terbaik dari 111 ners. Jika dilihat dari predikatnya, ada 10 orang yang lulus dengan predikat memuaskan, 51 orang sangat memuaskan dan 50 orang cum laude.

 

Endiyono memastikan, torehan IPK ini juga berjalan seiring dengan prestasi lainnya, seperti suksesnya FIKES UMP mendapatkan peringkat 3 nilai rata-rata terbaik UKOM dengan peserta 100 orang di regional 7 Jawa Tengah, telah berjalannya program studi ners yang melaksanakan student exchange di Khon Khaen University Thailand, terpilihnya mahasiswa FIKES UMP menjadi delegasi dalam oral presentasi International Confrence of Nurses (ICON 6) di Cebu Filipina, ikut sertanya mahasiswa di International nursing student from (INSF) Guangzhou Cina dan mendapatkan peringkat satu terbaik untuk kategori poster prestasi di ajang yang sama. Endiyono berharap semua lulusan ners UMP dapat senantiasa meningkatkan kualitas, profesionalisme, kinerja dan kedisiplinan untuk menjawab tantangan  dunia. “Kembangkan kemampuan saudara dengan continuing education, pelatihan, kemitraan dan kolaborasi,” pesannya. (Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239