Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

UMP Kaji Inovasi Teknik dan Sains Terapan

Teknologi mampu menjadikan kehidupan manusia menjadi lebih baik. Inilah pesan yang ditekankan oleh Haryanto, PhD, dosen fakultas teknik UMP ketika membuka acara International Conference On Engineering And Applied Science (InCES) dan Seminar Nasional Teknologi Terapan (STTN), beberapa hari lalu. Haryanto meyakini bahwa teknologi yang jatuh di tangan orang yang salah bisa memberikan dampak negatif terhadap masyarakat dan lingkungan. Oleh karenanya, Haryanto inginHarhARasasasfgdgdhdf civitas akademika dapat ambil peran untuk memastikan kemajuan teknologi menjadi kebermanfaatan positif bagi maunsia, menjawab berbagai problematika yang ada.

 

Haryanto mendorong, ilmuwan perlu mengembangkan inovasi pada teknik dan ilmu terapan untuk memecahkan berbagai problematika yang ada di masyarakat. Melalui seminar ini, Haryanto berharap Fakultas Teknik UMP dapat memfasilitasi para peneliti dari berbagai negara untuk bertukar inovasi canggih terbaru dalam bidang teknik dan sains terapan. “Harapannya, melalui forum ini, pertukaran ide-ide inovatif dan interdisipliner antara peneliti dari berbagai negara, pemerintah dan industri dapat semakin lengkap, terangnya.

 

Ada sejumlah pakar yang hadiri di forum ini, beberapa diantaranya adalah Prof. Mohammad Mansoob Khan dari Universitas Brunei Darussalam, Prof. Satoru Kishida dari Tottori University Japan, Prof. Dr. Setyawan Widyarto dari Universitas Slangor Malaysia dan Prof. Dr.Ir. Imam Robandi, M.T dari Sepuluh Nopember Institute Of Teknologi Indonesia sebagai narasumber.

 

Terpisah, Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH menuturkan ada potensi besar dalam bidang teknik dan sains terapan yang harus terus dikembangkan. Keberadaan potensi tersebut harus berjalan seiring dengan semangat pegiatnya, khususnya di kalangan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang memiliki program studi teknik.

 

Rektor menegaskan, UMP sendiri sangat mendukung keberadaan forum semacam ini. Bahkan rektor ingin kegiatan keilmiahan yang memberikan dampak positif besar.  “Semoga kegiatan ini dapat menjadi pelopor lahirnya kampus Perguruan Tinggi Muhammadiyah berbasis teknologi inovasi canggih pada teknik dan ilmu terapan untuk kepentingan bangsa,” katanya. (Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239