Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

UMP Kaji Implementasi Islam

Kaji implementasi Islam dalam teknologi, Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) dan program studi teknik informatika Universitas Muhammadiyah Purwokero (UMP) datangkan Assoc. Prof. Arkam M.Z.M. Kheder dari Internasional Islamic University Malaysia (IIUM).  Arkam akan menjadi narasumber dalam kuliah umum bertajuk ICT challenges from islamic perspective statistical studies in the Holy Quran, yang diikuti lebih dari 250 mahasiswa program studi teknik informatika UMP, beberapa hari lalu.

  

Menurut Sekretaris LPPI, Istianah, Lc, M.Hum, seiring dengan komitmen UMP untuk melakukan Islamisasi integrasi ilmu, maka LPPI mendatangkan beberapa pakar terkait. “UMP mempelajari beberapa kampus yang sudah konsisten melakukan itu, salah satunya adalah IIUM, Malaysia,” katanya. Senada dengan Istianah, Wakil Rektor Bidang Pengembangan, Kerjasama dan AIK UMP, Dr. Ns. Jebul Suroso, S.Kep, M. Kep, mengatakan UMP sebagai kampus Islam modern sudah seharusnya melakukan integrasi Islam dari berbagai bidang sains. “Dengan keberadaan UMP sebagai universitas Islam yang berpegang pada Quran dan Sunah, maka kita akan menggali Al-Quran dari sains terutama teknologi,” katanya.   

 

Terpisah, Arkam dalam paparannya banyak menjelaskan tentang bagaimana umat Islam dapat lebih memanfaatkan penggunaan internet. Arkam yang telah menerbitkan 7 buku, 20 jurnal artikel, 45 book’s chapters dan kurang lebih 75 conference papers ini mengungkapkan, kemudahan akses dan kecepatan informasi menjadi kekuatan keunggulan dalam penggunaan internet. Perguruan tinggi yang mengedepankan hal tersebut akan lebih mudah mendapatkan informasi yang variatif. Arkan mencontohkan, jika internet dapat lebih dimanfaatkan untuk membuat web site yang kontennya Islam, ini akan membantu umat untuk pembelajaran Islam. Singkatnya, ia ingin keberadaan internet dapat disikapi positif untuk melakukan integrasi Islam dengan berbagai bidang ilmu pengetahuan lainnya. (Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239