Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

UMP Dorong Mahasiswa Tulis E-Jurnal Internasional

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dorong mahasiswa aktif tulis e-jurnal. Hal ini dikatakan Wakil Rektor Bidang Akademik, Anjar Nugroho, SAg, MSI, MHI ketika membuka acar Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan E-Jurnal. Menurut anjar, mahasiswa juga harus mulai terbisa menulis e-jurnal. Hal itu sangat baik karena akan membiasakan mahasiswa dalam kegiatan riset ilmiah. Anjar meyakinkan untuk  mendukung hal tersebut, UMP telah menyiapakn beberapa hal seperti mewajibkan pemuatan e-jurnal bagi mahasiswa yang telah selesai skripsi dan tesis dan mengadakan sejumlah pelatihan yang relevan.

Seperti yang diadakan pada senin (14/11), di Ruang Sidang UMP, melalui UPT Perpustakaan UMP adakan Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan E-jurnal. Selain mahasiswa UMP juga mengundang 2 perhuruan tinggi yaitu  Universitas  Wijaya Kusuma (UNWIKU) Purwokerto serta STMIK Amikom Purwokerto yang masing-masing diwakili oleh pustakawan, 2 dosen, serta 2 mahasiswa.

Anjar memastikan, ini adalah pelatihan yang tepat untuk mendorong mahasiswa dapat mengembangkan jurnal-jurnalnya. Lebih lanjut Anjar mengungkapkan, mahasiswa seharusnya sudah sejak dini dikenalkan oleh jurnal ilmiah. Dalam hal in UMP memiliki komitmen tinggi untuk mencetak mahasiswa yang tidak hanya sekedar lulus tetapi juga lihai dalam membuat jurnal ilmiah.

Terpisah, Suritno selaku Tim Kemenristek DIKTI menyambut baik kegiatan ini. Suritno juga mengungkapkan, salah satu upaya DIKTI untuk mengalkkan gelait epnuilisan jurnal ilimiah adalah dengan mengupayakan pengadaan e-jurnal dikti yang sesuai  dengan kebutuhan perguruan tinggi. “Untuk itu, kami akan mengirimkan borang kepada masing-masing UPT Perpustakaan untuk diisi pengadaan e-jurnal apa yang dibutuhkan oleh perguruan tinggi tahun 2017,” katanya. Dalam pelatihan ini, UPT Perpustakaan UMP sendiri menghadirkan dua pembicara yaitu Lukman (PDII UPI) yang memaparkan tentang tata kelola e-jurnal, serta Dripa Sjabana (Praktisi) yang mengupas lebih jauh tentang  manfaat e-jurnal.(Zyn/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239